integrasolusi.com – Dalam kehidupan sehari-hari sadar atau tidak sebenarnya kita sangat akrab dengan kegiatan marketing. Mulai dari berpenampilan, berkomunikasi dengan orang, bahkan sampai pada bernegosiasi, yah semua itu  adalah bagian dari marketing. Marketing sendiri masih banyak didefinisikan oleh orang-orang sebagai aktivitas jualan, atau memasarkan suatu produk saja, padalah marketing juga bisa diaplikasikan dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Dalam konteks yang lebih khusus, marketing juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam dunia bisnis. Setiap organisasi atau perusahaan pasti akan menjalankan fungsi marketing, baik ada atau tidaknya divisi marketing  dalam struktur, fungsi dari marketing itu sendiri tetaplah wajib untuk dijalankan jika ingin memaksimalkan keuntungan organisasi.

Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk mempelajari marketing, minimal kita paham tentang konsep dasar dari marketing itu sendiri. walaupun tidaklah menjadi keharusan untuk mempelajarinya sebegitu dalam. Konsep marketing yang wajib kita pahami adalah, bahwa marketing adalah proses penyampaian nilai. Dalam konteks kehidupan bersosial, kita tentu memiliki masing-masing nilai positif yang  ada pada diri kita. Nilai yang melekat pada diri kita inilah yang akan menjadikan kita sebagai sesuatu yang unik, dan menarik dimata orang-sekitar kita. Nilai bisa berupa tentang kejujuran, integritas, cerdas, loyal, dan lain sebagainya tergantun dengan nilai positif apa yang ada pada diri kita. Begitu juga dalam konteks dunia bisnis, marketing akan berperan dalam membantu penyampaian nilai dari suatu produk dari perusahaan tersebut, sehingga bisa tercipotanya hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan kepada Sobat Office semua, 2 alasan besar mengapa kita perlu  untuk mempelajari marketing, antara lain adalah :

  1. Marketing Masuk ke Semua Aspek Kehidupan Kita

Ini adalah alasan pertama yang wajib kita ketahui, dalam kehidupan bersosial pasti ada sesuatu hal positif yang ada pada diri kita. Hal itulah yang mesti kita jaga sehingga menjadi sesuatu yang  bisa menjadikan kita unik dan mudah dikenal oleh orang karena sesuatu yang positif tersebut. Proses penyampaian inilah yang disebut dengan Marketing-Self atau istilah lainnya adalah personal branding.

 

  1. Marketing Menentukan Kesuksesan Organisasi

Setiap perusahaan atau organisasi tentu memiliki nilai jualnya tersendiri, baik melalui produknya maupun jasanya. Apabila perusahaan mampu menyampaikan nilai dari produknya tersebut, maka akan dengan mudah pelanggan berdatangan untuk menggunakan produknya tersebut. tentu marketing memang bukanlah satu-satunya aspek yang menentukan keberhasilan organisasi, namun marketing memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kesuksesan organisasi.

 

Dengan demikian, kita tentu sepakat bahwa marketing adalah  sesuatu yang harus kita pahami, walaupun tidak harus memahaminya secara menyeluruh sampai ke akar-akarnya, minimal kita memahami konsep dasarnya. Karena semakin piawai kita dalam me marketing-kan diri sendiri atau perusahaan, maka akan berjalan selaran dengan semakin suksesnya kehidupan kita.