Apa Itu Dokumen Blueprint IT Perusahaan? Ini Penjelasannya

2023-10-24T10:23:40+07:00 May 30th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: , |

integrasolusi.com Dokumen blueprint merupakan dokumen perusahaan yang berperan besar dalam merencanakan bisnis atau proyek penting lainnya. Dokumen cetak biru ini menampilkan master plan dan menggambarkan bagaimana pelaksanaan suatu strategi, kegiatan, atau program kerja. 

Dokumen cetak biru teknologi informasi (TI) misalnya, harus dimiliki perusahaan guna merinci rencana serta strategi pengembangan TI dalam organisasi. Dalam dokumen ini tercantum rencana jangka panjang terkait pengembangan infrastruktur, software, aplikasi, dan SDM TI.

Lalu, mengapa perusahaan membutuhkan dokumen blueprint TI?

Alasan Perusahaan Perlu Blueprint TI

Cetak biru TI memberi gambaran rencana jangka panjang pengembangan sistem informasi yang selaras dengan fungsi bisnis, serta visi dan misi perusahaan. Berbagai strategi disertakan guna mengoptimalkan TI dalam mendongkrak keunggulan perusahaan atas kompetitor bisnisnya. 

Perusahaan membutuhkan cetak biru TI untuk menjawab tuntutan zaman beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. TI bukan hanya diaplikasikan dalam kegiatan operasional harian, tetapi juga mendukung proses pengambilan keputusan penting. 

Namun, perusahaan tidak bisa asal-asalan menanamkan investasi untuk implementasi TI. Semua komponen biaya dan manfaat yang akan dinikmati harus diperhitungkan secara cermat. Maka, perusahaan membutuhkan dokumen perencanaan blueprint sebagai panduan penerapan TI di organisasi. 

Roadmap TI turut menjadi salah satu komponen utama dokumen cetak biru TI. Roadmap mengacu pada peta jalan strategis yang mencakup seluruh proyek TI dan sejalan dengan prioritas bisnis yang hendak dicapai. 

Roadmap TI juga memuat tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang, berikut analisis kesenjangan antara kebutuhan bisnis dan kemampuan TI yang dimiliki saat ini. Dengan begitu pihak manajemen perusahaan bisa lebih mudah menjalankan rencana yang disusun.

Baca juga:  Mengenal Sejarah Perkembangan Teknologi OCR atau Optical Character Recognition

Baca juga: 6 Dokumen Penting Perusahaan yang Wajib Dimiliki

Keuntungan Memiliki Blueprint TI

Ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati perusahaan dengan menyiapkan dokumen cetak biru TI, yaitu:

  • Punya pedoman dasar saat berinvestasi dan implementasi TI 
  • Menghindari risiko yang muncul saat penerapan TI, misalnya:
  • Kecenderungan tambal sulam karena terlalu banyak aplikasi yang dibeli
  • Aplikasi yang sudah ada tidak terintegrasi baik
  • Ketidakcocokan antara sistem informasi dan kebutuhan bisnis
  • Kualitas sistem informasi yang dibangun tidak memenuhi standar industri
  • Sebagai tolak ukur atau parameter keberhasilan penerapan TI dalam perusahaan.

Baca juga: Solusi Mengelola Dokumen Perusahaan yang Berserakan

Karena dokumen blueprint TI tergolong dokumen vital perusahaan, Anda pun perlu memastikan keamanan penyimpanan arsipnya. Aplikasi inOffice dari PT Integra Teknologi Solusi adalah pilihan tepat untuk mengelola dokumen tersebut.

Dengan aplikasi inOffice Anda bisa mengatur siapa saja yang memiliki akses untuk melihat, membuka, dan mengedit dokumen. Secara berkala aplikasi juga akan melakukan backup data sehingga keamanan data selalu terjamin. 

Ingin merasakan kemudahan serupa saat mengelola pengarsipan kantor Anda? Hubungi kami sekarang untuk mendapat solusi terbaik pengelolaan dokumen perusahaan.