Apa Itu Surat Pengumuman? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Strukturnya

2023-07-27T15:08:02+07:00 July 28th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan surat pengumuman. Biasanya, surat pengumuman merujuk pada surat yang diterbitkan oleh suatu instansi/lembaga tertentu berisikan informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai.

Di artikel berikut, mari pelajari kembali apa yang dimaksud dengan surat pengumuman, fungsinya, serta struktur penulisan surat pengumuman. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui bagaimana menulis surat pengumuman dengan baik dan benar.

Apa Itu Surat Pengumuman?

Pengumuman merupakan suatu informasi yang disampaikan oleh seseorang ataupun sebuah lembaga (secara resmi) kepada banyak orang. Pada penerapannya, pengumuman bisa berbentuk tertulis maupun lisan.

Berbicara tentang surat pengumuman, ini berari kita berbicara mengenai pengumuman yang dibuat oleh suatu instansi secara tertulis dan bersifat resmi. Ini berarti, surat pengumuman merupakan dokumen resmi berbentuk surat berisikan informasi yang ingin disampaikan seseorang maupun suatu instansi/lembaga ke banyak orang.

Baca juga:  Apa Itu Surat Pemberitahuan? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Fungsi Surat Pengumuman

Secara umum, surat pengumuman memiliki fungsi yang sama dengan pengumuman pada umumnya, yaitu untuk memberitahukan tentang suatu informasi kepada khalayak ramai secara tertulis. 

Karena surat pengumuman biasanya dibuat oleh suatu instansi, surat ini juga berfungsi untuk memberitahukan sebuah informasi secara resmi. 

Baca juga:  Apa Itu Surat Korespondensi: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Pembuatannya

Struktur Surat Pengumuman

Seperti apa struktur umum dari sebuah surat pengumuman? Umumnya, surat pengumuman memiliki komponen-komponen berikut:

1. Kop/kepala surat

Kop/kepala surat merupakan komponen surat yang biasa dijumpai di bagian atas surat pengumuman. Biasanya, bagian ini memuat:

    • Nama lengkap instansi yang menerbitkan pengumuman tersebut,
    • Alamat lengkap instansi yang menerbitkan pengumuman tersebut,
    • Nomor surat,
    • Keterangan perihal dan lampiran,
    • Judul PENGUMUMAN di posisi tengah.

2. Badan surat

Komponen ini merupakan inti dari surat pengumuman. Pasalnya, informasi yang diumumkan akan dimuat di komponen ini. 

3. Kaki surat

Di komponen ini, Anda bisa menjumpai tanggal saat pengumuman dikeluarkan, nama penanggung jawab pengumuman, serta jabatan penanggung jawab pengumuman.

Itulah definisi, fungsi, serta komponen-komponen apa saja yang perlu disertakan di dalam surat pengumuman.

Selain memperhatikan struktur penulisan, penting juga untuk memperhatikan bagaimana bahasa yang digunakan dalam pembuatan surat pengumuman.

Baca juga:  Memahami Lebih Jauh tentang Konsep Surat

Mengingat surat pengumuman biasanya dikeluarkan langsung oleh suatu instansi, maka gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa resmi. Saat membuat surat pengumuman, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan, tata bahasa, dan informasi yang disampaikan. Lakukan pengecekan ulang agar kesalahan-kesalahan tersebut bisa dihindari.