Apa Saja yang Diuji dalam Penetration Testing Sistem Kantor?

2023-12-12T08:51:18+07:00 June 18th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com Penetration test (pentest) penting untuk menganalisis sistem keamanan jaringan IT kantor. Ada beberapa hal yang diuji pada pentest untuk melacak titik-titik kelemahan sistem. Pentest juga melibatkan percobaan peretasan untuk pemeriksaan lebih akurat.

6 Aspek yang Diuji dalam Pentest

Macam-macam yang diuji kerentanannya dalam pentest adalah:

1. Keamanan Situs/Aplikasi Web

Aplikasi atau situs web termasuk aspek yang paling sering diserang. Pentest dilakukan untuk mengecek poin akses yang tidak terlindungi, password lemah, potensi serangan SQL injection, hingga risiko pencurian data.

2. Potensi Ancaman dari Dalam

Pentest dilakukan untuk mengecek ancaman yang bersifat lokal di dalam sistem itu sendiri (client-site). Contohnya adalah aplikasi, program, dan browser yang digunakan staf.

3. Jaringan IT

Pentest biasanya dilakukan terhadap jaringan IT kantor atau organisasi secara keseluruhan. Contohnya adalah pengecekan berbagai elemen akses internal serta eksternal.

Baca juga:  Apa Itu Pentest? Yuk, Cari Tahu Apa Definisi dan Manfaatnya di Sini!

4. Sistem Nirkabel

Sistem nirkabel/wireless yang terhubung ke Wi-Fi harus dicek secara berkala. Contohnya adalah laptop, ponsel, dan tablet yang digunakan staf kantor. Hal yang dicek contohnya kelemahan pada enkripsi, hotspot asing, hingga potensi serangan DNS.

5. Pengecekan Elemen Fisik

Elemen fisik seperti perkakas juga harus disertakan dalam pentest. Gunanya adalah mengecek risiko pencurian atau kerusakan terhadap CCTV, sensor, dan kunci elektrik.

6. Pengecekan terhadap Elemen Pengguna

Karakteristik pengguna teknologi juga memengaruhi keamanan jaringan. Contohnya adalah pengecekan perilaku pengguna dalam membuka, mengunduh, dan mengakses data serta aplikasi penting.

Semakin detail aspek yang diperiksa dalam penetration testing/uji penetrasi, semakin mudah juga pihak kantor dalam melindungi sistemnya. Jika ada kelemahan, evaluasi dan perbaikan harus difokuskan pada titik-titik paling rawan.

Baca juga:  3 Metode Pentest yang Dilakukan dalam Pengujian Kerentanan Software

Aplikasi Manajemen dan Keamanan Sistem

Memilih aplikasi digital yang tepat merupakan salah satu pilihan terbaik dalam menjaga keamanan sistem. Beragam produk inOffice, misalnya, membantu staf menjaga keamanan dokumen digital sambil melancarkan bisnis.

Baca juga:  Brute Force: Bagaimana Cara Melindungi Sistem Keamanan dari Serangan Ini?

Produk inOffice juga ada yang ditujukan untuk menjamin keamanan pengelolaan dokumen. Contohnya adalah A-TTAP yang membantu membuat tanda tangan digital anti pemalsuan. Sistemnya menggunakan kode QR yang sulit dipalsukan.

Berbagai hal yang diuji pada penetration testing memastikan bahwa pengujian keamanan tersebut lengkap. Jadikan inOffice rekanan dalam menjaga keamanan sistem jaringan kantor.