Beragam Jenis Surat Berdasarkan Wujud dan Contoh-Contohnya

2023-10-25T09:48:10+07:00 May 9th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis surat yang beredar dalam kehidupan sehari-hari, serta berbagai pola surat yang dikirim atau diterima oleh suatu kantor. Surat pada dasarnya merupakan ukuran dari maju-mundurnya kegiatan kantor atau tugas administrasi kantor, sehingga hal ini menjadi pertanda bahwa telah terjadi aktivitas yang dinamis di tempat kerja.

Baca juga: Memahami Jenis-Jenis Surat Resmi, Kegunaan, dan Cara Pembuatannya

Dengan banyaknya aktivitas yang dinamis di tempat kerja, maka jenis- jenis surat berdasarkan wujudnya ada beberapa yang sering digunakan di dalam dunia kerja. Untuk menjelaskan macam-macam surat berdasarkan wujudnya, silahkan simak penjelasan berikut.

1. Surat Bersampul (Tertutup)

Surat bersampul atau surat tertutup adalah jenis surat yang dikirim dengan cara menempatkan isi surat di dalam amplop dan menutupnya dengan lem atau perekat. Amplop tersebut kemudian diberi alamat penerima, frasa “sudah tertutup” atau “private”, dan prangko di atasnya. Tujuan dari penggunaan surat bersampul adalah untuk melindungi isi surat dari mata orang lain yang tidak berhak membacanya.

Selain itu, penggunaan surat bersampul juga dapat memberikan keamanan dan privasi pada pengirim dan penerima surat. Surat bersampul juga digunakan dalam berbagai kegiatan bisnis, akademik, dan personal untuk mengirim informasi yang bersifat rahasia atau penting.

Surat bersampul dapat dikirim melalui pos atau kurir atau secara langsung diserahkan ke penerima. Dalam beberapa kasus, surat bersampul juga dapat dikirim secara elektronik dengan menggunakan teknologi enkripsi untuk menjaga kerahasiaan informasi. Berikut contohnya:

Surat Bersampul

2. Surat Tanda Bukti

Surat tanda bukti adalah dokumen tertulis yang berfungsi sebagai bukti atau saksi bahwa suatu peristiwa atau transaksi telah terjadi. Surat tanda bukti dapat berupa surat pengakuan hutang piutang, kwitansi pembayaran, surat pernyataan, surat penyerahan, surat keterangan, atau dokumen lain yang dapat digunakan sebagai bukti keabsahan suatu transaksi atau peristiwa.

Baca juga:  Jenis Surat Berdasarkan Tingkat Penyelesaiannya

Dalam konteks hukum, surat tanda bukti memiliki peranan penting sebagai alat bukti yang dapat digunakan untuk memperkuat argumen atau klaim yang diajukan di depan pengadilan atau lembaga lainnya. Oleh karena itu, surat tanda bukti harus dibuat dengan cermat, lengkap, jelas, dan akurat.

Pada umumnya, surat tanda bukti dibuat dalam bentuk tertulis dengan mencantumkan informasi yang relevan seperti nama pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi, tanggal dan tempat terjadinya peristiwa atau transaksi, besaran uang yang terlibat, dan tanda tangan dari pihak-pihak yang terlibat. Surat tanda bukti dapat digunakan sebagai bukti sah dan dapat diterima di pengadilan atau lembaga lainnya jika memenuhi syarat sahnya dokumen. Adapun contohnya sebagai berikut:

Surat Tanda Bukti

3. Kartu Pos

Surat kartu pos adalah jenis surat yang dikirim melalui kartu pos. Seperti halnya kartu pos biasa, surat kartu pos memiliki gambar atau foto pada bagian depannya dan area kosong di bagian belakangnya yang dapat diisi dengan tulisan.

Surat kartu pos biasanya digunakan untuk mengirim pesan singkat atau ucapan ringan kepada orang lain dari jarak jauh. Surat kartu pos dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih sederhana dan ekonomis daripada surat formal dalam amplop untuk mengirim pesan atau ucapan singkat.

Namun, surat kartu pos memiliki keterbatasan ukuran dan ruang tulis yang terbatas di bagian belakangnya. Oleh karena itu, surat kartu pos biasanya digunakan untuk mengirim pesan yang tidak terlalu panjang atau kompleks, seperti ucapan selamat atau pesan cinta singkat.

Untuk mengirim surat kartu pos, pengirim harus menuliskan pesan atau ucapan di bagian belakang kartu pos dan mencantumkan alamat penerima di bagian depan kartu pos. Selain itu, pengirim juga harus memasang prangko pada kartu pos sesuai dengan tarif pengiriman surat kartu pos yang berlaku di suatu negara. Berikut Contohnya:

Baca juga:  Apa Itu Surat? Pahami Jenis dan Fungsinya sebelum Membuatnya

Kartu PosKartu Pos2

4. Warkat Pos

Surat warkat pos adalah surat yang digunakan untuk mengirim uang atau instrumen keuangan lainnya melalui jasa layanan pos. Surat warkat pos dapat berupa berbagai jenis, seperti wesel pos, giro pos, cek pos, atau uang pos. Surat warkat pos biasanya digunakan untuk mengirim uang dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang lebih aman dan terjamin.

Untuk mengirim surat warkat pos, pengirim harus membeli warkat pos dari kantor pos atau perusahaan pos yang menyediakan layanan tersebut. Biaya warkat pos biasanya tergantung dari jenis warkat pos yang digunakan dan nilai transaksi yang dilakukan. Setelah membeli warkat pos, pengirim kemudian menuliskan instruksi atau perintah pembayaran pada warkat pos tersebut, termasuk jumlah uang yang akan dikirimkan dan nama penerima.

Surat warkat pos merupakan salah satu cara yang lebih aman dan praktis untuk mengirim uang dari satu tempat ke tempat lain, terutama jika penerima tidak memiliki rekening bank atau jika pengirim ingin mengirimkan uang dalam jumlah besar. Dengan contohnya sebagai berikut:

warkatwarkat2

5. Memo (Memorandun) dan Nota

Surat memorandum (memo) adalah bentuk surat singkat yang biasanya digunakan dalam lingkungan bisnis untuk menyampaikan pesan, informasi, atau instruksi secara internal antara departemen atau karyawan dalam sebuah organisasi. Memo umumnya ditujukan untuk pembaca yang sudah mengenal konteks atau situasi yang dibahas, sehingga pesan dalam memo biasanya disampaikan secara singkat dan jelas.

Sedangkan nota adalah catatan singkat yang biasanya digunakan untuk mencatat informasi atau pesan secara cepat dan sederhana. Nota dapat berbentuk tulisan tangan atau digital dan biasanya digunakan untuk mencatat sesuatu yang penting agar tidak terlupakan atau sebagai pengingat untuk dilakukan suatu tindakan di kemudian hari. Nota seringkali tidak memiliki format resmi dan lebih bersifat informal daripada surat memorandum, berikut contohnya:

Baca juga:  Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Aplikasi Perkantoran!

Nota DInas

 

6. Telegram atau Teleks

Surat telegram adalah bentuk komunikasi tertulis yang dikirimkan melalui jaringan telegram. Surat telegram dikirimkan dalam bentuk pesan singkat dengan kata-kata yang disingkat dan dibatasi jumlah karakternya. Telegram sering digunakan untuk mengirimkan pesan darurat atau penting, seperti kabar kematian, kecelakaan, atau berita bisnis.

Surat telegram dikirimkan dengan cara menuliskan pesan pada kertas telegram dan mengirimkannya melalui pos atau kurir. Setelah sampai di kantor pos tujuan, pesan telegram kemudian diunggah ke jaringan telegram dan diantarkan ke alamat penerima. Biaya telegram biasanya ditentukan berdasarkan jumlah karakter atau kata yang digunakan, sehingga mendorong pengguna telegram untuk menuliskan pesan secara singkat dan jelas.

Meskipun surat telegram telah digantikan oleh teknologi komunikasi modern seperti telepon dan email, namun pada zaman dahulu surat telegram sangat populer dan banyak digunakan untuk mengirimkan pesan darurat atau penting. Beberapa perusahaan pos masih menyediakan layanan telegram hingga saat ini, meskipun jarang digunakan. Berikut contohnya:

telegram

Baca juga: Fungsi Surat Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Itulah penjelasan tentang jenis surat bedasarkan wujudnya, yang di bahas mulai dari surat bersampul sampai dengan surat telegram yang sering digunakan beberapa tahun silam. Dan untuk penjelasan tentang jenis surat masih banyak yang perlu dijelaskan mulai dari yang berdasarkan  sifatnya sampai dengan fungsinya.

 

Referensi:
Jenis Surat Menurut Wujudnya - ANUGERAH DINO
Surat Pesan Singkat Jaman Dulu | Otomotif Langka - Otomotif Langka
Jenis-jenis Surat Berdasarkan Wujud Surat - Irfan's Blog (irfansyahpuutra.blogspot.com)
Contoh Surat Keterangan Tanda Bukti Diri Dari Pajak - Surat Keterangan : Desain Contoh Surat #098o3xRZ8A