Beragam Keunggulan TOGAF yang Penting Diketahui

2024-01-04T09:12:10+07:00 August 12th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – TOGAF adalah framework yang diciptakan oleh The Open Group. Framework ini berkembang lewat upaya kolaboratif lebih dari 300 organisasi ternama di dunia. Keunggulan TOGAF membuat framework terkenal ini patut dipertimbangkan. Simak beragam kelebihan dan kategori enterprise architecture TOGAF di sini.

Kelebihan TOGAF

TOGAF memberikan banyak kelebihan yang bisa dilihat di bawah ini:

  • TOGAF dapat memberikan kekayaan materi yang bisa dimanfaatkan oleh arsitek individual, baik yang sudah berpengalaman mengenai disiplin arsitektur enterprise atau yang masih baru.
  • Membantu profesional IT membuat solusi dengan basis sistem yang benar-benar terbuka agar kebutuhan bisnis terpenuhi.
  • Jumlah pelatih dan praktisi yang banyak membuat proses menemukan orang-orang yang membantu perusahaan atau melatih individu untuk mengambangkan keterampilan arsitektur enterprise menjadi lebih mudah.
  • Kerangka kerja yang ditawarkan TOGAF sangat berguna untuk mengembangkan enterprise software.
  • Mempertahankan, mengubah, dan mengembangkan arsitektur enterprise. merupakan pekerjaan yang tidak mudah. TOGAF menyediakan kerangka kerja untuk pekerjaan tersebut yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan spesifik.
  • TOGAF versi 9 yang dirilis pada tahun 2009 menjadi standar de-facto global untuk arsitektur enterprise.
  • Karena dirancang untuk menjadi fleksibel, TOGAF dapat diintegrasikan dengan kerangka kerja lainnya.
  • Dapat menciptakan pendekatan sistematis agar proses pengembangan yang bisa direplika menyatu dengan sedikit error.
  • Keunggulan TOGAF lainnya yaitu menyediakan contoh penerapan yang nyata.
Baca juga:  Tujuan dan Manfaat TOGAF Framework Bagi Perusahaan Anda

Kategori Enterprise Architecture TOGAF

Arsitektur enterprise atau enterprise architecture merupakan usaha agar perusahaan menjadi optimal menuju ke lingkungan terpadu serta tanggap kepada perubahan dan mendukung strategi bisnis.

Empat kategori enterprise architecture TOGAF yaitu:

  1. Data Architecture: Kegiatan pendefinisian data storage organisasi, pemeliharaan, dan manajemen termasuk physical dan logical model data.
  2. Business Architecture: Menjelaskan tentang informasi dalam strategi bisnis, organisasi, governance, dan cara adaptasi proses yang telah berjalan di dalam sebuah organisasi.
  3. Technical Architecture: Menerangkan seluruh software, hardware, dan infrastruktur TI yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi bisnis.
  4. Applications Architecture: Menyediakan rancangan desain yang dimanfaatkan untuk strukturisasi dan penyebaran sistem aplikasi, juga bertautan dengan tujuan bisnis, kerangka kerja organisasi lain, serta semua akar proses bisnis.
Baca juga:  Wujudkan Visi Organisasi Anda dengan IT Master Plan!

Penutup

TOGAF akan terus berkembang agar bisa terus mengikuti ide-ide dan perkembangan terbaru pada arsitektur enterprise. Dengan perkembangan tersebut, kemungkinan kelebihan TOGAF akan terus bertambah. Pengguna pun semakin terbantu dengan update yang ada.

 

Referensi:
https://eduparx.id/blog/insight/pentingnya-togaf-dan-manfaatnya/