Tujuan dan Manfaat TOGAF Framework Bagi Perusahaan Anda

2024-01-17T10:07:35+07:00 July 24th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com – Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 2009, TOGAF framework telah banyak digunakan di lingkungan bisnis dan instansi dalam pengelolaan arsitektur teknologi informasi. 

TOGAF menawarkan kerangka kerja level tinggi dalam pengembangan enterprise software. Apa itu TOGAF dan mengapa perusahaan Anda membutuhkan kerangka kerja ini? Berikut penjelasannya.

Apa Itu TOGAF Framework?

TOGAF framework atau The Open Group Architecture Framework adalah kerangka kerja yang digunakan dalam merancang, merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola arsitektur atau tata kelola teknologi informasi atau IT Governance Indonesia

TOGAF dikembangkan pada pertengahan tahun 1990-an oleh Architecture Forum dari The Open Group.

Versi pertama TOGAF diluncurkan pada tahun 1995, sedangkan versi terbarunya, yaitu TOGAF 9, diluncurkan pada Februari 2009. TOGAF terdiri dari dua komponen utama, yaitu Architecture Development Method (ADM) dan Architecture Content Framework.

Baca juga:  Apa Itu IT Masterplan dan Mengapa Ini Penting untuk Perusahaan?

Tujuan TOGAF Framework

Secara umum, TOGAF bertujuan untuk merancang, mengelola, dan mengembangkan arsitektur perusahaan secara keseluruhan dan sistematik. Beberapa tujuan spesifik TOGAF adalah:

  1. Mencapai keselarasan arsitektur di seluruh perusahaan dan memastikan arsitektur yang diaplikasikan dan dikembangkan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas arsitektur TI perusahaan, sehingga perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya dalam proses pengembangannya.
  3. Mampu mengenali risiko yang mungkin muncul dan mengambil langkah-langkah tepat untuk mengatasinya.
Baca juga:  Pentingnya Memiliki Perencanaan IT yang Tepat

Manfaat TOGAF Framework

Setidaknya sudah ada lebih dari dua puluh ribu orang yang mengambil sertifikasi TOGAF terakreditasi. Apa saja manfaat TOGAF? Keuntungan paling utama adalah TOGAF dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan dan di semua departemen. 

TOGAF juga membantu perusahan mengurangi waktu, biaya, dan risiko terkait perencanaan dan pengembangan arsitektur teknologi informasi. Pengembangan bisnis yang konsisten pun terbuka lebar.

Walaupun tidak semudah menjentikkan jari, TOGAF membantu manajemen dan tim saat mengimplementasikan teknologi baru yang terstruktur. Bagi perusahaan yang ingin bergerak maju dan terus melakukan inovasi, TOGAF framework tentu hal yang sangat penting.

Baca juga:  Tantangan Utama Dalam Implementasi Master Plan TI Perusahaan

Itu tadi pengertian TOGAF Framework, tujuan dan manfaatnya bagi perkembangan sebuah perusahaan terutama di bidang tata kelola teknologi informasi. 

Untuk memenuhi kebutuhan Teknologi Informasi dalam kegiatan bisnis Anda, konsultasikan dengan kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.