Beragam Training IT yang Penting serta Kelebihannya

2024-01-04T09:12:39+07:00 August 9th, 2023|Categories: IT Consulting|

integrasolusi.com – Teknologi hampir memengaruhi seluruh pekerjaan. Sebab itu, bukan perusahaan berbasis teknologi saja yang harus melek dengan teknologi. Inilah yang menjadi alasan mengapa training IT memberikan banyak manfaat untuk kita semua. 

Adanya training dapat membantu perusahaan dalam pekerjaannya sekaligus melindungi perusahaan dari ancaman serangan pada teknologi informasi perusahaan.

Para pekerja pun akan merasakan manfaat dari training yang dijalani. Banyak kesempatan terbuka untuk pekerja yang memiliki kemampuan IT andal. Untuk mengetahui berbagai training dan kelebihannya, simak artikel ini.

Jenis Training IT

Teknologi informasi tidak terdiri dari satu komponen saja. Itulah mengapa ada banyak jenis training yang tersedia untuk teknologi informasi tergantung dengan pekerjaannya. Jenis-jenis training itu adalah:

Training Keamanan Informasi (ISO 27001)

Pertama, ada training keamanan informasi (ISO 27001). Pelatihan ini dilakukan agar karyawan serta perusahaan mampu menerapkan Information Security Management Systems (ISMS) atau sistem manajemen keamanan informasi. 

Dengan ini, kamu dapat membuat lingkungan yang baik untuk data penting lewat penggabungan proses, orang, dan sistem teknologi informasi.

Orang-orang yang memiliki sertifikasi ISO 27001 dapat membuktikan jika mereka memiliki kemampuan untuk menerapkan prosedur dan kebijakan keamanan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. 

Mereka pun dapat mendukung organisasi dalam proses integrasi manajemen keamanan informasi ke dalam proses organisasi, lalu memastikan jika hasil yang diharapkan tercapai.

Beberapa jenis training yang bisa dilakukan adalah ISO 27001 Introduction, Foundation, Transition, Lead Auditor, dan Lead Implementer. Kegiatan training ini dapat bermanfaat untuk mempersiapkan diri dengan beban pekerjaan yang lebih berat nantinya.

Training COBIT

COBIT singkatan dari Control Objectives for Information and Related Technologies. Framework ini diciptakan oleh ISACA. Tujuannya adalah untuk menjembatani kesenjangan antara risiko bisnis, masalah teknis, dan persyaratan kontrol. 

Beragam organisasi dari industri mana pun dapat menggunakan COBIT untuk memastikan kontrol, kualitas, dan keandalan sistem informasi.

Training COBIT ditunjukkan untuk cloud computing, keamanan informasi, dan kepentingan lainnya. Sertifikasi yang diadakan oleh ICASA adalah sertifikat COBIT 5, COBIT Foundation, dan COBIT Design and Implementation. 

Training ini biasanya ditunjukkan kepada auditor teknologi informasi, manajer TI, pelaku TI, manajer bisnis, dan pelaku bisnis.

Training TOGAF

The Open Group membuat sebuah framework untuk arsitektur teknologi informasi yang disebut TOGAF atau The Open Group Architecture Framework. Bagi individual, sertifikasi TOGAF memberikan banyak manfaat, seperti membantu mendapatkan pekerjaan, meningkatkan karier, dan potensi mendapatkan pendapatan lebih besar.

Terdapat dua level training TOGAF yang tersedia, yakni TOGAF Foundation Certification dan TOGAF Certified. Dua tes itu dapat dikerjakan secara terpisah atau sekaligus.

Untuk mendapatkan sertifikat TOGAF, The Open Group akan meminta kamu untuk menyelesaikan keduanya.

Tidak hanya sertifikasi standar, The Open Group juga menawarkan sertifikasi TOGAF yang spesifik. Sertifikasi yang dimaksud adalah security certification dan business architecture certification.

Training ISACA

ISACA sudah berdiri sejak tahun 1967. Organisasi ini telah tersebar di 80 negara dengan kepercayaan masyarakat yang makin besar pada kinerjanya. Pada umumnya, ISACA dijadikan acuan dalam hal-hal penting seperti keamanan, audit, kontrol, jaminan, sampai pengendalian teknologi informasi atau sistem informasi.

Untuk ISACA Chapter Indonesia sendiri didirikan pada tahun 1993. Mereka mengedepankan tujuan yang mulia, mulai dari memberikan pembinaan untuk publik atau swasta, mensponsori pelatihan/seminar, dan lain-lain.

Ada delapan jenis sertifikasi yang ditawarkan ISACA yaitu:

  • CRISC – Certified Risk and Information Systems Control
  • CISA – Certified Information Systems Auditor
  • CGEIT – Certified in the Governance of Enterprise IT
  • CISM – Certified Information Security Manager
  • CDPSE – Certified Data Privacy Solutions Engineer
  • CSX-P – Cybersecurity Practitioner Certification
  • CET – Certified in Emerging Technology Certification
  • ITCA – Information Technology Certified Associate

Setelah menyelesaikan training ISACA, kamu akan mendapatkan sertifikasi yang menunjukkan kemampuan dan pengetahuan pemiliknya. Tentunya ini baik untuk kemajuan karier.

Training Penetration Testing (Pentest)

Ancaman keamanan teknologi informasi membuat penggunaan teknologi informasi perlu dilindungi oleh Information Security Policy. 

Sesuai dengan perkembangan zaman, implementasi keamanan pada teknologi informasi perlu dilakukan secara berkala. Penetration Testing menjadi salah satu cara efektif dalam pembaruan keamanan teknologi informasi.

Manfaat yang didapat dengan melakukan training Penetration Testing (pentest) cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah dapat mengetes keefektifan keamanan informasi, mengelola kerentanan, memenuhi standar keamanan, sampai menambah pengetahuan tentang ancaman keamanan informasi.

Kamu dapat menemukan program training ini di Indonesia atau di luar negeri. Program training itu akan menawarkan pelatihan dengan harga yang berbeda-beda dan menyediakan sertifikat bagi yang menyelesaikan pelatihannya.

Baca juga:  PT Integra Teknologi Solusi Mengadakan Information Security Awareness Training di PT PJB Services Surabaya

Kelebihan Training IT

Kamu sudah melihat banyaknya jenis pelatihan untuk teknologi informasi. Lalu, bagaimana dengan kelebihannya? Beragam kelebihan training IT bisa dilihat di sini:

Untuk Pekerja

Kelebihan untuk karyawan yang mengikuti training:

  • Mengembangkan Karier

Untuk mengembangkan karier, tentunya kamu perlu memiliki kualifikasi yang tinggi. Bila kemampuanmu terbatas, jenis pekerjaan yang akan didapat juga terbatas. Karena itu, training akan membantu dalam menambah kemampuan diri. Bertambahnya wawasan dan keterampilan membuat kamu bisa memilih jenjang pekerjaan yang lebih tinggi.

  • Gaji yang Lebih Besar

Setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan yang mumpuni. Begitu juga dengan pekerjaan di bidang teknologi informasi. Itu sebabnya orang dengan pendidikan tinggi ditambah keterampilan yang memadai cenderung memiliki pekerjaan dengan gaji besar. 

Jika kamu ingin meningkatkan pendapatan, lakukanlah training untuk mengasah keterampilan menjadi makin unggul sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.

  • Dapat Mengikuti Kemajuan Teknologi

Teknologi bukanlah hal statis. Mereka akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Orang-orang yang hanya mengandalkan kemampuan terdahulu tanpa mengembangkannya bisa tertinggal saat teknologi makin berkembang.

Mengikuti training IT dapat membantu kamu dalam mengikuti kemajuan teknologi. Apalagi jika kamu mengikuti training dalam berbagai aspek teknologi. Bukan hanya pengetahuan yang bertambah, jenis pekerjaan yang bisa dipilih pun makin banyak.

Untuk Perusahaan

Perusahaan bisa merasakan kelebihan berikut:

  • Memperketat Keamanan

Tanpa penjagaan yang mumpuni, keamanan informasi perusahaan akan terancam. Bahkan cara pembobolannya pun makin mudah. Contohnya, karyawan yang kurang paham teknologi tidak sengaja membuka phising email scam yang menyebabkan kebobolan di perusahaan.

Menyediakan training pada karyawan dapat memperketat keamanan karena karyawan dapat memanfaatkan framework, seperti TOGAF dan COBIT untuk memperbaiki keamanan. Perusahaan pun bisa melindungi diri dari cyberattacks.

  • Menambah Efisiensi Perusahaan

Karyawan berperan penting dalam efisiensi perusahaan. Makin baik kemampuan yang dimiliki karyawan, makin gesit dan efisien mereka dalam bekerja yang tentunya berdampak baik kepada perusahaan. 

Jika mereka memahami lebih dalam framework yang digunakan, mereka dapat meningkatkan produktivitas. Dengan ini, perusahaan jadi bisa lebih cepat dalam menanggapi peluang atau ancaman yang muncul.

Penutup

Bisa dilihat dari penjelasan training IT di atas bahwa training memberikan banyak manfaat baik untuk individual atau perusahaan terutama dalam bidang keamanan. Kamu dapat memahami ancaman keamanan informasi dari yang sederhana hingga yang berbahaya.

Oleh karena itu, training teknologi menjadi hal penting yang harus diperhatikan perusahaan. Bukan karyawan saja yang mencari sendiri kesempatan training untuk menambah peluang, perusahaan pun dapat menawarkan IT training kepada karyawannya.

 

 

Referensi:
https://pecb.com/en/education-and-certification-for-individuals/iso-iec-27001/iso-iec-27001-2022-foundation
https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/COBIT
https://www.knowledgehut.com/blog/it-service-management/togaf-certification-value
https://binus.ac.id/2021/10/mengenal-isaca-dan-jenis-sertifikasinya
https://ca.indeed.com/career-advice/career-development/what-is-it-training
https://skillup.tech/why-you-should-be-offering-it-training-for-all-your-employees/