Catat, Macam-Macam Dokumen yang Sering Dipalsukan!

2024-01-04T10:59:14+07:00 August 3rd, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Pemalsuan dokumen bisa terjadi di mana saja. Bahkan, oknum yang memalsukan juga beragam, mulai dari pencari kerja, karyawan, dan bisa jadi klien kita sendiri. Rata-rata tujuannya untuk kepentingan pribadi atau perusahaan. Untuk itu, Anda perlu macam-macam dokumen yang sering dipalsukan agar lebih waspada.

Melalui ulasan ini, kami akan membagikan informasi terkait dokumen yang sering kali jadi target pemalsuan. Apa saja dokumennya?

Dokumen yang Sering Dipalsukan

Paklaring

Ini adalah surat keterangan pernah bekerja di suatu perusahaan lengkap dengan jabatan dan periode bekerja. Seharusnya, surat ini dibuat oleh HRD perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Namun, terkadang ada pencari kerja yang nakal dan membuat paklaring palsu.

Bahkan, ada juga peserta BPJS yang ingin mengklaim saldonya menggunakan paklaring palsu. Pemalsuan paklaring ini bisa berupa editan ataupun pembuatan dokumen secara keseluruhan.

Baca juga:  3 Cara Memalsukan Dokumen yang Perlu Anda Waspadai

Kontrak dan Invoice

Pemalsuan pada kedua dokumen ini lebih sering terjadi di bagian tanda tangan. Bisa saja kontrak dan invoice asli dikeluarkan oleh perusahaan A. Namun, tanda tangan yang dibubuhkan adalah palsu. 

Kondisi ini tetap membuat kontrak dan invoice tersebut masuk ke kategori dokumen palsu. Pemalsuan ini juga membuat kontrak dan invoice menjadi salah satu dokumen perusahaan yang gampang dipalsu

Cek

Cek juga masuk dalam kategori macam-macam dokumen yang sering dipalsukan. Bagian yang paling sering dipalsukan adalah nomor akun dan tanda tangan. 

Pastikan untuk mengecek kembali nomor akun beserta tanda tangan saat Anda menerima ataupun memberikan cek pada pihak lainnya. 

Kartu Identitas

Dokumen berbentuk kartu identitas menjadi salah satu yang paling sering dan banyak dipalsukan, bahkan di seluruh dunia. Tujuan pemalsuan kartu identitas ini juga beragam. Ada yang bertujuan untuk pekerjaan, perjalanan, dan lain sebagainya. 

Beberapa jenis kartu ID yang menjadi target pemalsuan adalah KTP, paspor, hingga SIM atau lisensi berkendara. 

Baca juga:  A-TTAP, Solusi untuk Permudah Dokumen Flow yang Butuh Persetujuan Berjenjang

Setiap perusahaan pada dasarnya memiliki kebijakan yang berbeda dalam mengelola risiko pemalsuan dokumen ini. Anda bisa menggunakan aplikasi flow dokumen ataupun verifikasi ganda tiap kali mengeluarkan dokumen. 

Opsi mana yang menjadi pilihan Anda untuk mengantisipasi macam-macam dokumen yang sering dipalsukan di atas?

 

 

Sumber:

https://www.integrity-indonesia.com/id/blog/2020/09/28/waspada-paklaring-palsu-dalam-perekrutan-karyawan/
https://www.inscribe.ai/document-processing/fake-documents
https://sumsub.com/blog/most-forged-ids-2022/#third