Digital Signature QR Code

2024-01-04T10:57:40+07:00 April 3rd, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – anda-tangan digunakan sebagai autentikasi dokumen cetak. Kalau dahulu tanda tangan dilakukan menggunakan tulisan tangan dengan gaya yang berbeda-beda, tergantung dari si pemilik tanda tangan. Namun, saat ini, sudah dikenal yang namanya tanda tangan digital atau digital signature QR code.

Tanda tangan digital QR Code ini merupakan tanda tangan yang telah didigitalisasi dengan barcode dua dimensi. Untuk tahu lebih lanjut mengenai digital signature QR code dan bagaimana cara membuatnya, simak terus artikel ini.

Keunggulan Digital Signature QR Code?

Dibandingkan tanda-tangan konvensional, tanda tangan digital QR Code memiliki beberapa keunggulan.

1. Mencegah terjadinya pemalsuan

QR code dapat mengidentifikasi apakah tanda tangan tersebut asli atau palsu. Apabila QR code palsu, maka tanda tangan digital tidak akan keluar. Dalam hal surat menyurat, kode QR akan memuat segala informasi terkait dengan surat, mulai dari nomor surat, nama instansi, tanggal, dan lainnya. 

2. Membuat proses tanda tangan lebih mudah dan cepat

Tidak jarang surat atau dokumen harus dicetak terlebih dahulu untuk selanjutnya dibubuhkan tanda tangan. Dengan tanda tangan elektronik ini, dokumen bisa langsung di-print bersamaan dengan kode QR tadi.

3. Validasi surat lebih mudah dan aman

Karena tidak mudah dipalsukan, proses validasi dokumen bisa dilakukan dengan lebih cepat, mudah, dan terpercaya. 

Baca juga: Tanda Tangan Mudah Secara Digital? Ini Tips-nya

Aplikasi Tanda Tangan Anti Palsu

Salah satu kelemahan dari tanda tangan konvensional adalah rawannya pemalsuan. Untuk mencegah hal ini, tanda tangan QR code bisa diaplikasikan ke dalam (A-TTAP) atau Aplikasi Tanda Tangan Anti Palsu dari inOffice. Aplikasi ini memudahkan Anda membubuhkan tanda tangan digital melalui Aplikasi e-Office. 

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Online

Baca juga: Cara Mudah dan Efektif Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Selain menghindari pemalsuan tanda tangan, A-TTAP juga memudahkan proses penandatanganan di mana pun dan kapan pun. Prosesnya sangat praktis dan mudah, serta terdapat fitur pencarian dokumen dengan cepat dan akurat.

Apabila telah memiliki tanda tangan digital, Anda hanya perlu mencantumkan tanda tangan digital QR Code pada dokumen yang diperlukan. Sebaiknya, gunakan aplikasi e-Office agar pembubuhan tanda tangan QR code bisa dilakukan secara otomatis. Dengan ini, proses surat menyurat kantor jadi lebih mudah dan praktis.

Baca juga: Inilah Keunggulan Tanda Tangan QR Code pada Aplikasi Persuratan Digital E Office

Kominfo sendiri mendukung penggunaan tanda tangan digital karena selain dapat mencegah terjadinya pemalsuan, digital signature QR code juga membuat proses surat menyurat menjadi lebih cepat dan mudah.