Tanda Tangan Mudah Secara Digital? Ini Tips-nya

2024-01-04T11:04:34+07:00 March 18th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Di era digital seperti saat ini, penggunaan tanda tangan masih diperlukan pada dokumen-dokumen penting untuk mendukung keabsahan. Untuk membuat tanda tangan mudah secara digital, diperlukan sokongan teknologi berupa aplikasi yang memadai. 

Baca juga: Membuat Tanda Tangan Elektronik Berbasis QR Code, Begini Caranya!

Tujuannya tentu saja supaya dokumen digital tetap sah dan kita bisa membuat tanda tangan anti palsu. Sebagai informasi, berikut beberapa tips membuat tanda tangan elektronik secara mudah.

Tips Membuat Tanda Tangan Digital

1. Melalui Situs Pembuat Tanda Tangan Digital

Ada banyak sekali situs yang bisa kita manfaatkan untuk membuat tanda tangan digital. Penggunaan situs ini jelas lebih mudah dibanding jika harus membuat tanda tangan secara manual, melakukan scanning, lalu mengubah file tanda tangan yang dipindai menjadi jpeg atau png supaya bisa digunakan.

Caranya, kita hanya perlu mencari situs pembuat tanda tangan online melalui Google. Pilih salah satu yang dirasa paling mudah lalu cari menu “Draw.” Untuk membuat tanda tangan, kita biasanya akan diarahkan pada halaman untuk menggambar. Klik kursor lalu buatlah tanda tangan.

Jika sudah selesai, klik tombol Save lalu secara otomatis tanda tangan akan diubah menjadi file gambar dengan format PNG. Setelah itu kita hanya perlu mengunduh, dan tanda tangan digital pun bisa digunakan.

2. Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi

Saat ini ada banyak sekali aplikasi membuat tanda tangan mudah yang bisa kita gunakan. Penggunaan aplikasi jauh lebih mudah lagi karena kita hanya perlu memasang aplikasi pada perangkat, baik itu PC ataupun smartphone. Jika aplikasi sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah membuat akun.

Baca juga:  Wajib Tahu! Ini Contoh Alur Pengesahan Dokumen Perusahaan

Jadi setiap masuk ke aplikasi, kita hanya perlu login ke akun. Membuat tanda tangan di aplikasi tidak berbeda dengan pembuatan tanda tangan melalui situs. Bedanya, tidak sembarangan orang bisa mengakses tanda tangan di aplikasi sehingga tanda tangan sulit dipalsukan.

3. Membuat Tanda Tangan dengan Aplikasi Persuratan Digital

Selain situs dan aplikasi tanda tangan, kita juga bisa menggunakan fitur di aplikasi persuratan digital untuk membuat tanda tangan anti palsu. Ketika memanfaatkan fitur ini, setiap surat secara otomatis memiliki tanda tangan berupa QR Code. Dari segi keamanan, orang tentu akan kesulitan untuk memalsukan tanda tangan barcode.

Teknologi ini tentu dibutuhkan organisasi karena akan membuat sistem persuratan semakin efisien, dan penandatanganan dokumen digital juga lebih efektif. 

Baca juga: Cara Mudah dan Efektif Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Itulah beberapa tips membuat tanda tangan mudah, semoga bermanfaat.