Membuat Tanda Tangan Elektronik Berbasis QR Code, Begini Caranya!

2024-01-04T10:57:13+07:00 February 28th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Seiring dengan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan secara online, kebutuhan akan tanda tangan elektronik juga semakin tinggi. Salah satu jenis tanda tangan elektronik yang bisa Anda gunakan untuk menandatangani dokumen penting Anda adalah tanda tangan berbasis QR code.

Baca juga:  Ini Alasan Kenapa Tanda Tangan QR Code Aman dan Anti Pemalsuan

QR code atau kode batang sendiri adalah gambar dua dimensi yang mengandung sejumlah informasi. QR code pertama kali dibuat tahun 1994 oleh sebuah perusahaan Jepang dan saat ini digunakan secara luas untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari bidang periklanan, marketing, jejaring sosial hingga tanda tangan digital kini memanfaatkan QR code/barcode.

Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik Berbasis QR Code?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanda tangan elektronik berbasis QR code sendiri. Langkah-langkah berikut ini dapat digunakan untuk pengguna Android dan iOS. Caranya adalah:

  • Unduh aplikasi QR code gratis yang tersedia di App Store dan Play Store. Pilih yang penggunanya paling banyak atau ratingnya tertinggi
  • Buka aplikasi dan pilih format tanda tangan
  • Masukkan data yang diperlukan ke dalam QR code. Anda bisa menyertakan nama, nomor telepon, alamat website atau media sosial dan lain sebagainya
  • Beberapa aplikasi memungkinkan Anda mengatur ukuran dan warna QR code yang dihasilkan sehingga tampilan tanda tangan elektronik QR code Anda jadi lebih menarik
  • Tanda tangan Anda sudah selesai dan bisa digunakan.
Baca juga:  QR Code, Solusi Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Aplikasi Tanda Tangan Anti Palsu dari E Office Persuratan

Salah satu masalah yang kerap kita hadapi di era digital ini adalah semakin maraknya pemalsuan termasuk pemalsuan tanda tangan. Untuk membuat surat dengan tanda tangan elektronik berbasis digital yang tidak bisa dipalsukan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi E Office Persuratan dari inOffice.

Tanpa ribet, semua surat yang dibuat dengan menggunakan aplikasi ini dilengkapi tanda tangan elektronik berbasis QR code secara otomatis. Aplikasi tanda tangan anti palsu (A-TTAP) ini memungkinkan orang lain mengecek keaslian semua dokumen dengan mudah.

Untuk membuktikan keaslian tanda tangan, Anda cukup memindai QR code yang tertera dengan kamera. Kalau kode tidak terbaca, atau informasi yang ditampilkan tidak sesuai ada kemungkinan tanda tangan itu palsu.

Gunakan aplikasi E Office Persuratan dari inOffice agar proses pembuatan surat dan tanda tangan elektronik berbasis QR code Anda jadi lebih mudah, praktis dan aman.