integraOffice – Kita tentu sepakat bahwa pengetahuan (Knowledge) merupakan salah satu aset yang paling penting bagi organisasi atau perusahaan, dan juga merupakan aset yang paling berharga diantara aset-aset lainnya. Bagaimana tidak, pengetahuan yang dimiliki setiap individu yang ada dalam organisasi (SDM), akan sangat menentukan kesuksesan dari organisasi/perusahaan tersebut. Sehingga menjadi penting bagi pihak manajemen organisasi untuk melakukan pengelolaan knowledge tersebut dengan baik.

Salah satu konsep yang cukup dikenal dalam mengelola pengetahuan adalah dengan menerapkan Knowledge Management System, yang merupakan suatu metode untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan dan dipelajari kembali demi keberhasilan organisasi dalam proses mencapai tujuan. Dalam implementasi Knowledge Management System ini, diharapkan seluruh lapisan yang ada dalam organisasi tersebut dapat menyerap dengan mudah pengetahuan dan wawasan terkait bisnis dan operasional organisasi agar dapat berkesinambungan dalam mempertahankan dan menjalankan prosesnya. Supaya lebih jelas lagi mengapa Knowledge Management System itu penting, berikut gambaran beberapa masalah yang dapat diselesaikan dengan implementasi Knowledge Management System, seperti :

 

  1. Sulit Mengakses Informasi atau Pengetahuan yang Dibutuhkan

Dengan menerapkan Knowledge Management System, akan menjadikan akses informasi atau pengetahuan yang dibutuhkan lebih mudah. Artinya setiap orang bisa mencari informasi apapun yang dibutuhkan tanpa harus bertanya langsung kepada orang lain yang dimana hal ini menyebabkan terjadinya ketergantungan. Semua informasi yang dibutuhkan dapat di akses dengan melalui sistem Knowledge Management System.

 

  1. Terhambatnya Pengambilan Keputusan karena Kurangnya Informasi

Kemudahan dalam mengakses informasi tanpa ada ketergantungan dengan orang lain ini menjadikan Knowledge Management System berberan penting dalam pengambilan keputusan yang tepat. Karena semua informasi yang dibutuhkan beserta pengalaman-pengalaman sebelumnya sudah masuk kedalam sistem. Sehingga pengguna dapat lebih mudah mendapatkan informasi guna mengambil keputusan.

 

  1. Adanya Ketergantungan Terhadap Karyawan Tertentu.

Salah satu peran vital dari Knowledge Management System adalah menghilangkan adanya ketergantungan. Karena biasanya ketika orang yang  sangat berpengalaman sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, muncul ketergantungan karena semua pengetahuan masih belum tertransfer kepada karyawan lain. Dengan menggunakan Knowledge Management System ini maka semua pengetahuan yang ada pada SDM telah dikumpulkan dalam sistem sehingga tidak ada kekhawatiran jika salah satu karyawan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

 

Dari ketiga masalah tersebut, mungkin terlihat sepele dan sederhana, namun sebenarnya memiliki dampak yang luar biasa bagi kesuksesan sebuah organisasi. Inilah sebabnya mengapa Knowledge Management System sangat penting bagi organisasi/perusahaan Anda.

Lebih detail informasi dan implementasi dari Knowledge Management System ?? silakan hubungi kami

 

 

 

Sumber
https://www.linovhr.com/knowledge-management/#:~:text=Manfaat%20Knowledge%20Management&text=Mempercepat%20akses%20informasi%20dan%20pengetahuan,proses%20bisnis%20organisasi%20atau%20perusahaan