Integrasi Tanda Tangan Elektronik untuk Cegah Pemalsuan Surat

2023-05-23T14:09:49+07:00 December 26th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Sekarang sudah bukan zamannya memberi tanda tangan elektronik (TTE) dengan metode scan/foto tanda tangan, lalu tempel pada surat yang dibuat. Jika Anda masih melakukan hal tersebut, Anda perlu segera upgrade pengetahuan soal integrasi TTE. Upaya ini akan membuat surat Anda lebih terjamin keabsahannya.

Apa Itu Integrasi TTE?

Integrasi TTE merupakan fasilitas yang disediakan PT Integra Teknologi Solusi untuk melakukan integrasi tanda tangan elektronik antara aplikasi E Office Persuratan dengan Penyelenggara Sertifikasi Elekronik (PSrE).

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018, PSrE merupakan badan hukum tepercaya yang berfungsi untuk memberikan serta mengaudit sertifikat elektronik, seperti tanda tangan elektronik.

Keberadaan fasilitas integrasi TTE tersebut memungkinkan pembuat surat tidak perlu lagi membubuhkan tanda tangan basah secara manual pada dokumen digital yang dibuat. Cukup mengaplikasikan TTE, surat resmi yang jelas keasliannya pun berhasil dibuat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang lebih tinggi dibanding tanda tangan basah, karena TTE merupakan tanda tangan digital tersertifikasi yang diterbitkan PSrE.

Sementara itu, tanda tangan basah hanyalah proses membubuhkan tanda tangan basah ke dalam bentuk digital, misalnya dengan difoto/scan. Tanda tangan ini tidak memiliki kekuatan hukum yang baik. Oleh sebab itu, menggunakan E Office Persuratan yang telah terintegrasi TTE adalah solusi tepat untuk pembuatan surat.

 

Integrasi TTE Mudahkan Proses Pengesahan Surat

Pembuatan surat digital dengan tanda tangan basah bukan hal yang salah. Namun, tidak ada yang bisa menjamin keaslian surat berbasis elektronik dengan tanda tangan demikian. Surat seperti ini sangat rawan untuk dipalsukan.

Baca juga:  Ada Kualitas Ada Harga dengan Aplikasi iOC & Micro iOC

Zaman sekarang, transaksi digital sudah sangat lazim dilakukan, sehingga penerbitan surat maupun dokumen digital lain menjadi keniscayaan. Oleh sebab itu, keaslian surat digital mesti menjadi perhatian yang harus diprioritaskan.

Integrasi TTE dengan E Office Persuratan memberikan angin segar untuk kebutuhan di atas. TTE yang telah tersertifikasi mampu memberi jaminan atas keaslian suatu surat yang dibuat dengan E Office Persuratan. Artinya, integrasi TTE menjadi salah satu benteng keamanan untuk surat-surat keluaran E Office Persuratan.

Jika Anda ingin mendapat kemudahan dan keamanan yang sama terhadap dokumen-dokumen yang dibuat, saatnya beralih ke E Office Persuratan. Selain memiliki fasilitas integrasi tanda tangan elektronik dengan PSrE, aplikasi ini juga punya segudang keunggulan lain yang mampu memudahkan aktivitas surat menyurat di instansi Anda.