Pahami Pentingnya Sertifikasi ISO 27001 Untuk Kelangsungan Bisnis

2024-03-18T10:37:03+07:00 January 5th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam menjalankan sebuah bisnis, mengelola keamanan data dan informasi adalah hal yang penting, karena bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis tersebut. Untuk menunjukkan keseriusan dalam melindungi sistem manajemen keamanan informasi, Anda harus mengurus dan mengantongi sertifikasi ISO 27001

Namun, apa itu ISO 27001? Berikut penjelasannya!

Apa Itu ISO 27001?

Secara teori, yang dimaksud ISO 27001 adalah sebuah standar Internasional yang yang diimplementasikan oleh sebuah bisnis atau perusahaan dalam membangun ISMS (Information Security Management System) atau sistem manajemen keamanan informasi. Dengan mengantongi sertifikasi ini, artinya sistem keamanan pada perusahaan tersebut sudah memenuhi standar.

Standarisasi ini sendiri mencakup beberapa aspek penting yang meliputi seluruh divisi pada sebuah perusahaan. Mulai dari proses produksi, pergudangan, distribusi, transaksi, struktur organisasi, infrastruktur TI dan berbagai hal penting lainnya.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Tujuan ISO 27001

Penerapan standar ini akan membantu perusahaan dalam proses pembangunan dan pemeliharaan ISMS. Dengan begitu, perusahaan akan mampu mengelola dan mengendalikan risiko security system serta melindungi ketersediaan, integritas, dan kerahasiaan informasi. 

Hal ini perlu dilakukan sebab hampir semua aktivitas di era digital saat ini tak bisa lepas dari pengelolaan dan pertukaran informasi. Itulah sebab, tujuan utama penerapan ISO 27001 adalah untuk perlindungan informasi.

Manfaat ISO 27001

Penting bagi sebuah bisnis dari skala mana pun untuk mengurus sertifikasi ISO 27001 karena akan membawa berbagai keuntungan dan manfaat. Di antaranya:

  • Membantu organisasi maupun perusahaan untuk mengontrol berbagai macam risiko keamanan informasi dalam bisnis.
  • Meningkatkan kepercayaan publik, baik dari pihak customer maupun investor.
  • Perusahaan dapat mengukur akurasi dan keberhasilan ISMS (Information Security Management System) untuk kelangsungan bisnis.
  • Kredibilitas dan profesionalitas perusahaan pasti akan meningkat serta sistem manajemen keamanan informasi lebih terjaga.
  • Menciptakan kesinambungan dalam setiap divisi dan struktur organisasi.
  • Meningkatkan keandalan dan efektivitas sistem keamanan informasi.
  • Terhindar dari masalah hukum atau kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat kebocoran data.
Baca juga:  Audit TI untuk POJK: Jasa Profesional dari Integra Teknologi Solusi

Baca juga: Kendala atau Kesulitan dalam Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Dengan manfaat penerapan standarisasi ISO 27001 di atas, maka perusahaan Anda akan semakin kompetitif dan struktur organisasi pun jadi semakin kuat. Itu karena semua garis koordinasi dapat diketahui dengan mudah, mulai dari pihak yang membuat keputusan, pihak yang berwenang mengelola aset informasi, serta pihak yang bertanggung jawab memberikan akses ke informasi.

Nah, itulah info penting, tujuan, dan manfaat dari pengurusan sertifikasi ISO 27001, untuk sebuah perusahaan. Mengingat tujuan dan manfaat yang cukup berpengaruh untuk bisnis, maka ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk mempelajari dan mengimplementasikannya ke perusahaan Anda.