Jasa Pentest: Penting, Mengetahui Kerentanan Sistem dan Perlindungan Data Anda

2023-12-12T08:36:19+07:00 September 30th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Sedang menyusun sebuah sistem komputer? Jangan sampai sistem yang Anda buat menyimpan banyak celah keamanan hingga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Manfaatkan jasa pentest untuk mengidentifikasi potensi tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Pentest?

Pentest atau penetration testing adalah sejumlah langkah untuk melakukan identifikasi kerentanan dalam sebuah sistem. Dengan kata lain, uji coba ini dilakukan sebagai evaluasi terhadap keamanan sebuah sistem dan jaringan komputer juga perlindungan data.

Pentest dilakukan melalui simulasi serangan terhadap sistem komputer. Nantinya, proses ini akan menunjukkan apakah faktor keamanan sudah terpenuhi atau perlu evaluasi. Agar prosedur tes berjalan dengan aman, pengujian keamanan ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar kompeten.

Baca juga:  Jasa Penetration Testing: Meningkatkan Keamanan Sistem Anda dengan Profesional dan Percaya Diri

Apa saja Jenis-Jenis Pentest?

Penyedia jasa pentest menawarkan beberapa jenis pengujian keamanan. Beberapa di antaranya adalah:

Black box testing

Dalam pengujian jenis ini, asesor bertindak sebagai hacker yang mencari titik kekurangan sebuah sistem. Black box testing memerlukan alat pemindai dan metodologi manual.

Selain itu, penguji harus mampu membuat bagan atau alur dari sistem yang diuji berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.

White box testing

Jika Anda ingin melakukan pengujian keamanan dan perlindungan data secara detail, white box testing adalah cara yang tepat. Karena memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh, metode ini membutuhkan waktu yang lebih panjang. 

Grey box testing

Sementara itu, dalam metode grey box testing penguji memiliki akses informasi sebagai pengguna saja. Hal tersebut membuatnya dapat menguji serangan dan melakukan simulasi karena informasi tersebut.

Apa Manfaat Penerapan Pentest?

Dilansir dari laman blog eduparx, manfaat diterapkannya pentest adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi celah keamanan dalam sebuah sistem komputer
  2. Melakukan estimasi nilai kerugian bisnis ketika mengalami serangan hacker
Baca juga:  Kenapa Pentest Penting Bagi Perusahaan? Ini Dia 3 Alasannya

Seperti Apa Prosedur Pentest?

Dalam melakukan tugasnya, jasa pentest menjalani beberapa prosedur berikut:

  1. Menyusun perencanaan
  2. Mengumpulkan informasi dan melakukan analisa.
  3. Mencari celah keamanan
  4. Melakukan simulasi penyerangan
  5. Menyusun laporan dan analisis

Jangan biarkan celah keamanan dan data bisnis Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tunggu apalagi, percayakan hal ini kepada Integra Teknologi Solusi sebagai penyedia jasa pentest tepercaya di Indonesia.