Kenapa Pentest Penting Bagi Perusahaan? Ini Dia 3 Alasannya

2024-01-04T09:18:27+07:00 May 25th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Pentest dapat didefinisikan secara singkat sebagai pengujian kerentanan keamanan perangkat lunak. Banyak referensi yang menyatakan bahwa pentest merupakan hal yang penting dilakukan oleh perusahaan. Akan tetapi, tidak semua memahami kenapa pentest begitu penting untuk dilakukan.

Pada artikel berikut, Anda bisa mengetahui tiga alasan mengapa penetration test menjadi hal penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Yuk, simak penjelasannya. 

Alasan Kenapa Pentest Penting Bagi Perusahaan

Tiga poin mengapa pentest penting bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Risk assessment
  • Reputation
  • Competition and rivalry

Mari kita bahas apa yang dimaksud dari masing-masing poin tersebut.

1. Risk assessment

Pentest bisa digunakan sebagai alat untuk mengenali risiko yang bisa ditimbulkan dengan penerapan sistem keamanan saat ini. 

Dengan melakukan pentest, pentester bisa mengenali titik-titik kelemahan dalam sistem keamanan software Anda. Dari temuan-temuan tersebut, Anda bisa mempelajari hal apa yang perlu diperbaiki dari sistem keamanan tersebut.

Hal ini sangat bermanfaat terlebih jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang berskala besar. Dengan keamanan yang terjaga, kerugian dalam jumlah besar akibat buruknya sistem keamanan bisa dihindari juga.

Baca juga:  Apa Itu Pentest? Yuk, Cari Tahu Apa Definisi dan Manfaatnya di Sini!

2. Reputation

Jika perusahaan Anda mengalami kebocoran data pelanggan (data breach), maka kepercayaan publik bisa menurun karenanya. Dampak lanjutannya bisa bermacam-macam, mulai dari penurunan sales, penurunan profit perusahaan, bahkan hingga penurunan dana investasi yang diterima.

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, maka penting sekali untuk melakukan perlindungan data-data pelanggan. Karenanya, sistem keamanan perangkat lunak perlu diuji secara berkala untuk mengetahui apa ada potensi ancaman pencurian data. Sebelum risiko benar-benar terjadi, risiko bisa ditekan dengan melakukan tindakan pencegahan.

3. Competition and Rivalry

Tak jarang, ada orang yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara mencuri data dan menjualnya ke pihak lain. Pihak lain yang dimaksud di sini bisa saja adalah perusahaan kompetitor yang ingin menjatuhkan bisnis Anda. 

Bayangkan bahaya yang bisa timbul ketika ada pencurian data yang dilakukan perusahaan kompetitor. Perusahaan kompetitor bisa meniru model bisnis dan bahkan memperbaikinya agar lebih baik dari bisnis yang Anda lakukan. Secara tidak langsung, ini bisa berdampak pada prospek bisnis Anda ke depannya.

Karena itulah, penetration testing penting untuk dilakukan agar sistem keamanan software Anda bisa terjamin. Jika ada celah ancaman keamanan, Anda bisa memperbaiki sistem keamanan sehingga ancaman pencurian data bisa dihindari.

Baca juga:  5 Peran Penetration Testing dalam Pengembangan Software

Nah, itulah penjelasan mengenai kenapa pentest penting bagi perusahaan. Selain untuk mendeteksi adanya ancaman keamanan yang mungkin timbul, pentest juga bisa bermanfaat untuk menjaga reputasi perusahaan di mata publik dan mencegah pencurian data dari perusahaan kompetitor.

Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa pentest silakan hubungi kami.