Kasus Sistem BSI Down: Pelajaran yang Bisa Diambil

2024-01-04T09:16:36+07:00 June 19th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Bank Syariah Indonesia baru-baru ini mengalami beberapa isu keamanan. Selain pembobolan data, sistem BSI mengalami down sehingga nasabah tidak bisa mengakses berbagai layanannya. Apa pembelajaran dari down-nya layanan BSI yang bisa kita ambil?

Penurunan Risiko Keamanan dan Kualitas Pelayanan

Gangguan pada sistem membuat nasabah BSI tidak bisa menggunakan ATM, mobile banking, dan bahkan tarik tunai. Hal ini berlangsung selama sekitar seminggu sehingga kerugiannya cukup besar, baik bagi nasabah maupun bank.

Tidak hanya itu, kasus kebocoran data nasabah BSI membuat tingkat kepercayaan masyarakat semakin menurun. Hal ini tentu semakin berpotensi menambah kerugian bank di luar yang sudah menimpa nasabah.

Kedua peristiwa ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan bank ternyata kalah canggih dengan keahlian peretas modern. Keamanan informasi dan kualitas layanan terjegal keahlian peretas semakin canggih.

Kasus yang menimpa BSI sebaiknya menjadi pelajaran untuk bank serta institusi lain. Faktor keamanan ternyata terkait erat dengan kualitas layanan, kepercayaan, dan masa depan institusi tersebut.

 

Baca juga:  ISO 27001:2013, Senjata Keamanan Informasi untuk Persaingan Global

 

Uji Kerentanan dan Peningkatan Keamanan

Uji kerentanan sistem jaringan merupakan salah satu kunci untuk mengurangi risiko peristiwa seperti yang dialami BSI.

Uji kerentanan atau penetration testing memeriksa titik-titik kelemahan yang ada dalam sistem. Pengujian tersebut termasuk penggunaan teknik-teknik peretasan sebagai sarana menguji keamanan. Tujuannya adalah perbaikan, bukan untuk merugikan perusahaan.

Hasil uji tersebut menunjukkan adanya risiko keamanan serta titik-titik kelemahan dalam sistem yang perlu diperbaiki. Perusahaan kemudian bisa memfokuskan upaya perbaikan di titik-titik lemah tersebut.

 

Baca juga:  TIPS: Begini Cara Membangun Keamanan Informasi Pada Perusahaan

 

Manfaat Peningkatan Keamanan

Peningkatan keamanan membantu perusahaan mengurangi risiko seperti yang menimpa BSI.

Selain mengurangi risiko finansial, perusahaan bisa menjaga tingkat kepercayaan publik dan mencegah menurunnya reputasi mereka. Hal ini berdampak pada kinerja dan perkembangan perusahaan di masa depan.

Menggunakan aplikasi manajemen yang aman adalah salah satu upaya menjaga keamanan sistem. Selain mempermudah tugas-tugas staf, aplikasi manajemen yang aman mengurangi risiko pemalsuan dan peretasan.

Baca juga:  Ruang Lingkup Tata Kelola TI dan Tujuannya

Solusi digital seperti inOffice bisa membantu perusahaan meningkatkan keamanan sambil mempermudah aktivitas kerja. Mulai dari aplikasi persuratan hingga pembuatan tanda tangan digital, inOffice mendukung praktik operasional yang aman.

Pembelajaran dari down-nya layanan BSI harus menjadi dasar evaluasi bagi perusahaan lain. Pastikan menerapkan strategi keamanan berdasarkan hasil uji penetrasi yang lengkap.