Keberhasilan Studi Kasus E-Surat dalam Transformasi Digital

2023-08-24T15:05:14+07:00 August 28th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Transformasi digital telah membawa perubahan hampir pada semua aspek kehidupan, termasuk bagaimana cara kita bekerja. Salah satunya dalam pengelolaan surat dan dokumen di bagian administrasi dan tata usaha. Dengan adanya studi kasus e Office, kita akan mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi ini dapat berdampak positif pada perusahaan.

Bila sebelumnya pengelolaan surat dan dokumen berbentuk fisik sangat melelahkan, kini dengan implementasi e-office menjadi lebih efisien dan efektif. Nah, artikel ini akan membahas mengenai potensi e Surat/e-Office. Tepatnya, studi kasus e-office di perusahaan yang berhasil melakukan implementasi e-Office, serta dampak positifnya dalam pengelolaan surat dan dokumen.

Studi Kasus e Office atau e-Surat: PT Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang

Kawasan Industri Wijaya Kusuma (Persero) yang disingkat dengan PT KIW merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan ini bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan kawasan industri di kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. 

Sebagai kawasan industri yang berstatus BUMN, PT KIW memerlukan sistem pengelolaan surat dan dokumen yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan administrasi perkantoran mereka. Apa sajakah dampak positif yang signifikan dalam implementasi e-Office dan e-Surat di PT. KIW? Berikut ini adalah pemaparannya:

Sejak melakukan implementasi e Surat, pengelolaan surat dan dokumen menjadi lebih efisien. Penggunaan aplikasi ini memungkinkan akses cepat dan mudah ke dokumen dan surat yang diperlukan. 

Baca juga:  Serba–Serbi Mengenai Aplikasi E Surat integraOffice

Selain itu, approval dokumen, disposisi, dan penandatanganan dokumen juga dapat diselesaikan dengan cepat sehingga mempermudah alur kerja.

Selain kemudahan dalam pengelolaan surat dan dokumen, disposisi surat juga dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Mengingat cakupan area kerja PT. KIW begitu luas, kehadiran e-Surat sangat membantu untuk memudahkan proses surat-menyurat di lingkungan perusahaan.

Dalam studi kasus e Surat pada PT KIW juga membawa dampak positif seperti penghematan biaya operasional. Bila sebelumnya mengeluarkan biaya cetak dan biaya pengiriman dokumen, kini dengan adanya implementasi e-Office, proses ini menjadi lebih efisien dan hemat. 

Surat dan dokumen dapat diakses, disimpan, dan didistribusikan dengan lebih cepat dan mudah.

Baca juga:  E-Surat, Sebuah Transformasi Digital yang Wajib Menggantikan Surat Konvensional

Kesimpulan

Implementasi e-Office dan e Surat / e-Surat telah memberikan perubahan positif dan signifikan dalam pengelolaan surat dan dokumen bagi PT Kawasan Industri Wijayakusuma. Melalui studi kasus e Office ini, kita dapat mengetahui bahwa manfaat dari penggunaan aplikasi e-Office dan e-Surat sangatlah besar. Tertarik untuk mendapatkan manfaat serupa? Hubungi PT Integra Teknologi Solusi sekarang!