integrasolusi.com – Tanda tangan menjadi elemen penting dalam setiap surat. Keberadaannya menjadi bukti persetujuan dari pejabat atau pihak yang mempunyai tanggung jawab terhadap isi surat. Namun, tak menutup kemungkinan Anda berhadapan pada situasi kesulitan tanda tangan ketika penandatangan tidak di tempat. Misalnya, tengah rapat, perjalanan dinas, atau cuti. 

Situasi tersebut bakal sering terjadi. Hal ini tidak lepas dari tingkat kesibukan yang sangat tinggi dari para pimpinan. Lalu, bagaimana solusinya? Apakah harus menunda proses penandatanganan? Tidak perlu. Anda tetap bisa mendapatkan tanda tangan dari pimpinan dengan menggunakan tanda tangan elektronik (TTE). 

TTE Sebagai Solusi Masalah Tanda Tangan yang Praktis dan Aman

TTE merupakan solusi tepat saat berhadapan pada problem kesulitan tanda tangan ketika penandatangan tidak di tempat. Sebagai gantinya, Anda bisa membubuhkan TTE yang berupa tanda tangan QR code. Anda pun bisa memperoleh berbagai kemudahan ketika menggunakan TTE, di antaranya: 

1. Proses Penandatangan yang Terbatas Jarak

TTE adalah solusi masalah tanda tangan yang sangat beragam variasinya, termasuk ketika penandatangan tidak berada di tempat. Dengan menggunakan TTE, pimpinan bisa membubuhkan tanda tangan tanpa harus berada di lokasi. 

2. Sah di Mata Hukum

Pemakaian TTE memang memberi solusi cara mudah membuat surat resmi lengkap dengan tanda tangan. Namun, bagaimana dengan keabsahannya? Jangan khawatir. TTE mempunyai kedudukan hukum layaknya tanda tangan basah. 

Penggunaan TTE mendapat perlindungan hukum di Indonesia. Aturan pemakaiannya tertuang dalam UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. Apalagi, kalau Anda menggunakan TTE tersertifikasi yang bisa didapatkan dari lembaga penyelenggara swasta ataupun pemerintah. 

3. Efektif Dalam Menghindari Praktik Pemalsuan Tanda Tangan

Terakhir, TTE adalah cara tanda tangan mudah dan praktis dalam menghindari praktik pemalsuan. Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena TTE mempunyai proses verifikasi yang sangat mudah, terutama kalau Anda memakai TTE tersertifikasi. 

Proses verifikasi untuk mengecek keaslian TTE tersertifikasi dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda bisa memeriksa keaslian surat tersebut dengan membuka berkas menggunakan aplikasi pembaca PDF.  

Kini, Anda sudah tahu solusi dalam menghadapi kesulitan tanda tangan ketika penandatangan tidak di tempat, kan? Anda bisa memperoleh solusi tersebut dengan menggunakan aplikasi integraOffice Persuratan. Yuk, segera pakai integraOffice Persuratan!