Ketahui Cara Draf Surat Mudah dengan Aplikasi E Office

2023-05-23T13:28:36+07:00 February 1st, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Surat-menyurat sudah tidak asing lagi di dunia profesional seperti di perkantoran, instansi, organisasi, atau pun badan usaha. Namun, membuat draf surat ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tenang saja, di artikel ini, Anda akan mengetahui prosedur penulisan surat dengan benar. 

Prosedur Pembuatan Draf Surat yang Benar

Masih bingung dengan cara penulisan draft surat yang tepat? Simak informasi di bawah ini:

1. Tulislah nama Anda atau nama perusahaan dan info kontak

Untuk mengawalinya, tuliskan nama atau pun nama perusahaan, lembaga organisasi, atau unit usaha tempat Anda bernaung. Posisinya ada pada bagian sudut kiri atas surat. Kemudian, cantumkan informasi terkait kontak, seperti alamat email, website, nomor telepon, dan lokasi. Setelah itu, jangan lupa mencantumkan tanggal pembuatan surat. 

2. Jangan lupa untuk mencantumkan nama penerima

Cara pembuatan draf surat berikutnya adalah menuliskan nama pihak penerima. Disarankan pula untuk mencantumkan gelar resmi mereka. Kemudian, di bagian bawah nama, ketikkan posisi mereka di perusahaannya, nama perusahaan, serta alamat jelas dari perusahaan. Jika sulit, Anda dapat menemukan alamat perusahaan pada situs web resmi perusahaan tersebut.

3. Masukkan kata sapaan dan isi surat yang sopan 

Dalam badan surat, hal terutama yang harus dicantumkan adalah kata sapaan yang sopan seperti “Yth. Bapak/Ibu … “ Lalu, dalam isi surat, perkenalan tentang diri Anda sangat disarankan pada paragraf paling awal. Kemudian, di paragraf selanjutnya, tuliskan tujuan penulisan surat. 

Baca juga:  Pentingnya Percepatan Proses Persuratan bagi Organisasi

Di paragraf akhir, tutup badan surat dengan kalimat, “Demikian Saya sampaikan surat ini. Terima kasih atas perhatiannya. Saya akan menunggu kabar dari Anda.” 

4. Akhiri surat dengan salam penutup dan tanda tangan

Pada salam penutup, berikan kalimat, “Salam hangat,” atau “Hormat kami,” untuk kemudian diikuti dengan tanda tangan serta nama lengkap penulis surat. 

Baca juga: Tips Membuat Surat yang Benar dengan Mudah

 

Kolaborasi Membuat Draf Surat Lancar dari Mana Pun berkat Aplikasi E-Office

Tahukah Anda? Saat ini telah diwujudkan aplikasi e office untuk surat-menyurat di perkantoran. Bahkan, semua jenis dokumen dapat dikerjakan dengan aplikasi canggih ini. E office persuratan persembahan dari integraOffice ini memudahkan semua pekerjaan. 

Anda dapat menulis surat, memilih template surat, menyunting surat dengan fitur editor online surat bersama atasan secara real-time, dan masih banyak lagi. Kini, membuat draf surat secara online kian mudah dengan adanya aplikasi e office dari integraOffice