Lama Proses Sertifikasi ISO/IEC 27001 dan Faktor yang Mempengaruhi

2024-01-04T09:13:39+07:00 July 22nd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Bagi perusahaan, mendapatkan sertifikat ISO 27001 bisa membantu meningkatkan brand image. Ini karena pelanggan dan partner bisnis jadi tahu bahwa perusahaan serius dalam menyediakan produk berkualitas. Selain harga, lama proses sertifikasi ISO/IEC 27001 juga menjadi hal yang perlu Anda ketahui, lho!

Berapa Lama Proses Sertifikasi ISO/IEC 27001?

Untuk perusahaan yang sudah mempersiapkan diri untuk mengajukan sertifikasi dan punya pengalaman dalam menghandle keamanan informasi, maka prosesnya lebih cepat. 

Besarnya perusahaan juga berpengaruh terhadap proses sertifikasi ini. Misalkan perusahaan kecil dengan persiapan matang maka bisa memakan waktu sekitar 3 bulan. Sementara, untuk perusahaan besar yang berpengalaman bisa membutuhkan waktu hingga 1 tahun.

Anda bisa mempercepat proses sertifikasi ini dengan bantuan konsultan yang secara khusus menangani sertifikasi ISO.

Baca juga:  Apa Saja Persyaratan Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001? Yuk, Simak!

Faktor yang Mempengaruhi Proses Sertifikasi

Beberapa faktor di bawah ini punya andil dalam mempercepat ataupun memperlambat proses sertifikasi ISO Anda:

1. Besar Perusahaan

Pada dasarnya, Anda bisa mengimplementasikan sertifikasi ini secara luas ataupun di beberapa area saja. Namun satu yang pasti, prosesnya akan terpengaruh terhadap pelanggaran data yang terjadi di perusahaan. 

Bagaimana perusahaan Anda menggunakan data dan seberapa luas cakupannya. Jika pelanggaran data semakin banyak, maka prosesnya juga semakin lama dan sebaliknya.

2. Business Maturity

Sertifikasi ISO didesain secara khusus untuk membuat aktivitas perusahaan semakin terkendali, hemat biaya, aman, dan efisien. Sayangnya, proses sertifikasi bisa berjalan lebih lama jika:

    • Usaha baru saja berdiri
    • Tidak ada investasi dalam pengembangan sistem

Saran, Anda bisa mengambil waktu beberapa lama untuk mempersiapkan perusahaan melakukan sertifikasi agar proses lebih cepat.

3. Persyaratan yang Diminta

Sama halnya dengan sertifikasi lain, ISO 27001 membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Mulai dari mengidentifikasi cakupan IMS dalam organisasi hingga internal audit untuk evaluasi performa saat ini.

Persyaratan ini ada di klausul 4 hingga 10. Anda bisa mengeceknya dan melihat persyaratan mana yang belum terpenuhi. Pastikan Anda mengajukan sertifikasi saat semua persyaratan tercapai agar prosesnya lancar dan cepat.

4. Dukungan Manajemen Senior

Jika manajemen senior di perusahaan Anda tidak berdedikasi untuk memberikan dukungan, maka prosesnya bisa melambat atau justru terhenti di tengah jalan. Pastikan SDM dan waktu tersedia secara optimal saat proses sertifikasi berlangsung.

Baca juga:  Tips dan Trik Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Kini, apakah bisnis Anda sudah siap untuk menjalani lama proses sertifikasi ISO/IEC 27001 dan mendapatkan hasil positif dari standar satu ini? Persiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sebelum proses penilaian berjalan ya!

 

Sumber:
https://bestpractice.biz/how-long-does-it-take-to-implement-iso-27001/
https://www.dqsglobal.com/id-id/layanan/sertifikasi-iso-27001 
https://secureframe.com/hub/iso-27001/certification-process