Mengapa Konsultan ISO 27001 Penting untuk Keamanan dan Kredibilitas Bisnis?

2024-01-04T09:04:59+07:00 September 29th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Keamanan data dalam sistem komputer adalah hal yang sangat penting dalam operasional perusahaan. Insiden seperti kerusakan, kebocoran data, serta serangan siber bisa membawa kerugian pada bisnis Anda.

Bagaimana caranya memastikan semua informasi penting perusahaan sudah aman? Sertifikasi ISO 27001 adalah solusinya. Mengapa ISO 27001 dinilai sangat penting? Mengapa pula implementasinya disarankan dilakukan oleh konsultan? 

Simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi mengenai implementasi, manfaat, serta langkah penerapan ISO 27001.

Apa yang Dimaksud Dengan ISO 27001?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sertifikasi ISO 27001, mari kita ulas dahulu pengertiannya. Informasi dalam laman situs ISO Indonesia Center, ISO 27001 adalah pedoman internasional dalam implementasi sistem manajemen keamanan informasi atau ISMS (Information Security Management System). 

ISMS terdiri dari sejumlah komponen yang berkaitan dengan suatu organisasi. Penerapan ISMS bertujuan untuk menjaga keamanan data. Dengan kata lain, ia menjamin informasi bersifat rahasia, selalu tersedia, dan memiliki integritas.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa pedoman ini memberi arahan kepada organisasi atau perusahaan dalam menerapkan sejumlah ketentuan keamanan informasi.

Baca juga:  Jasa ISO 27001 dan Konsultan ISO 27001

Apa saja Manfaat ISO 27001 untuk Bisnis?

Lebih jauh lagi, sebenarnya apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh ISO 27001 untuk perusahaan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan:

1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan 

Kepemilikan sertifikasi ini menunjukkan bahwa bisnis Anda telah memenuhi standar atau pedoman umum mengenai sistem keamanan. Hal tersebut berarti perusahaan telah siap menjaga keamanan informasi penting dari berbagai ancaman.

Selain itu, penerapan ISO 27001 dapat meningkatkan kredibilitas sehingga memberi nilai lebih untuk perusahaan. Dengan keunggulan tersebut, perusahaan akan lebih siap menghadapi kompetisi dengan pesaing.

2. Menghindari kebocoran data

ISMS berperan untuk mengawasi manajemen keamanan informasi berjalan secara efektif sehingga bisa mencegah terjadinya kebocoran informasi. Ketentuan mengenai penyimpanan data, kendali akses, serta penggunaan yang baik diatur oleh ISO 27001.

Alur yang sistematis dan teratur akan mempermudah kita dalam  melakukan identifikasi hingga menghindari gangguan yang mengancam keamanan informasi penting perusahaan.

3. Mencegah perusahaan mengalami kerugian akibat kebocoran data

Kebocoran data bisa membawa berbagai bentuk dampak buruk pada bisnis, contohnya penurunan kredibilitas dan kerugian finansial. 

Implementasi ISO 27001 membantu kita menurunkan risiko terjadinya kebocoran data. Dengan begitu, kerugian pun bisa dihindari.

4. Memperjelas struktur organisasi

ISO 27001 membuat struktur organisasi lebih jelas. Penugasan dan tanggung jawab pun akan dengan mudah diketahui dengan struktur tersebut. Selain itu, segala aktivitas yang terjadi dalam organisasi akan berlangsung dengan aman 

Selain beberapa keunggulan tersebut, masih ada sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dengan keamanan data yang terjaga. Contoh yang paling umum adalah membantu bisnis Anda taat ketentuan hukum, bisa bertukar informasi secara aman, serta membentuk budaya keamanan di lingkungan organisasi.

Baca juga:  Mengapa Perusahaan Anda Butuh Konsultan IT?

Apa saja Tahap – Tahap Implementasi ISO 27001?

Prosedur penerapan sertifikasi harus dilaksanakan oleh orang yang kompeten. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk menggunakan jasa konsultan ISO 27001 untuk implementasi yang efektif.

Lantas, apa saja tahap-tahap yang harus dilalui? Berikut pembahasannya.

1. Menetapkan ruang lingkup dan tujuan

Menentukan cakupan proyek dilakukan dengan menetapkan  dan membuat batasan area yang akan dilibatkan dalam implementasi standar keamanan informasi. Kemudian, tetapkan tujuan yang ingin dicapai berkaitan dengan keamanan informasi.

2. Melakukan analisis risiko dan meninjau keamanan

Selanjutnya adalah melakukan analisis risiko dan meninjau keamanan. Tahap ini dilakukan dengan cara mengenali data informasi yang esensial dan memperkirakan gangguan yang mungkin terjadi serta dampaknya. 

Pengerjaan yang akurat akan membantu perusahaan mengamankan data-data kritis dan menemukan solusi untuk menurunkan risiko.

3. Membuat ketentuan dan prosedur keamanan informasi

Ketentuan dan prosedur yang dibuat tentu harus sesuai dengan pedoman ISO 27001. Selain itu, prosedur yang dibuat hendaknya bisa menumbuhkan komitmen dalam menjaga keamanan informasi dalam setiap kegiatan  perusahaan.

4. Menerapkan kendali keamanan

Tahap selanjutnya yaitu menerapkan kontrol keamanan dalam hal-hal yang bersifat teknis ataupun kegiatan organisasi. Beberapa contohnya adalah pengendalian akses, menjaga keamanan jaringan, dan pelatihan keamanan.

5. Pengujian dan evaluasi

Pengujian dan evaluasi dilakukan terhadap sistem keamanan yang telah diterapkan. Pada akhirnya, tahap ini akan memberi gambaran mengenai adanya celah kerentanan yang perlu diperbaiki oleh perusahaan.

6. Melakukan pemeliharaan dan perbaikan rutin

Sistem keamanan informasi yang sudah melalui tahap-tahap tersebut tetap harus melalui prosedur pemeliharaan dan perbaikan yang berkelanjutan. Dengan dilakukannya pemantauan, evaluasi, dan perbaikan rutin, sistem keamanan perusahaan akan terjaga hingga jangka panjang.

Baca juga:  Temukan Solusi Tepat untuk Kebutuhan IT Anda dengan Jasa IT Profesional

Keuntungan ISO 27001 untuk Usaha Anda

Sebagai pedoman sistem keamanan informasi dengan standar internasional, ISO 27001 menawarkan beberapa keuntungan untuk bisnis, yakni:

1. Kredibilitas perusahaan meningkat

Kepemilikan sertifikasi ini akan membuat konsumen lebih yakin untuk menggunakan produk dan layanan perusahaan. Hal tersebut karena standar keamanan dalam proses produksi turut terjaga hingga kualitas pun terjamin.

Pada akhirnya, kepercayaan konsumen tentu akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.

2. Sebagai jaminan kualitas produk

Produk yang diproduksi berdasarkan ketentuan ISO tentu akan lebih terjamin kualitasnya. Hal ini jelas menguntungkan karena bisa mendatangkan banyak konsumen dan berpeluang membentuk loyal customer. 

3. Menghemat biaya untuk evaluasi kinerja karyawan dan produk

Penerapan ISO memudahkan perusahaan untuk mengidentifikasi berbagai kekurangan, misalnya kinerja karyawan dan kualitas produk. Dengan demikian, tindakan perbaikan pun bisa cepat dilakukan tanpa harus memakan banyak waktu.

2. Meningkatkan kinerja karyawan perusahaan

Standar ISO turut menentukan cara kerja karyawan perusahaan. Mereka akan meningkatkan performa kerja sehingga kualitas produk pun turut meningkat.

3. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang menerapkan standar ISO akan memiliki reputasi yang baik di mata khalayak. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam membangun engagement dengan konsumen.

Dengan kata lain, citra baik dapat membantu bisnis Anda mendapatkan kepercayaan konsumen hingga berpotensi mencapai keuntungan yang diharapkan.

Baca juga:  Panduan Lengkap Audit IT Sesuai Peraturan

Seperti Apa Proses Sertifikasi yang Harus Dilalui?

Dalam menerapkan standar ISO, perusahaan harus melalui serangkaian prosedur dan memenuhi sejumlah persyaratan. Dirangkum dari berbagai sumber, syarat-syarat tersebut adalah:

  1. Melakukan analisis kesenjangan atau gap analysis antara kinerja aktual dengan kinerja potensial.
  2. Melakukan analisis risiko terhadap segala hambatan yang mungkin dihadapi perusahaan.
  3. Melakukan analisis dokumentasi yang saksama atas analisis di tahap-tahap sebelumnya.
  4. Melakukan implementasi perencanaan bisnis dan sistem keamanan informasi.
  5. Melakukan audit internal terhadap manajemen bisnis dan manajemen sistem keamanan informasi.
  6. Melakukan persiapan untuk kebutuhan audit sertifikasi ISO.
  7. Melakukan audit sertifikasi.

Rangkaian prosedur sertifikasi ISO memang memakan cukup banyak waktu. Karena itu, agar hasilnya efektif sesuai harapan Anda bisa meminta bantuan konsultan ISO. pastikan Anda menggunakan layanan dari penyedia jasa yang kredibel.

Demikian ulasan mengenai implementasi ISO 27001. Segera terapkan standar ini apabila Anda ingin bisnis terus berkembang dan kualitas produk selalu terjamin. Semoga bermanfaat.