Mengapa Teknologi OCR Penting untuk Sistem Pengelolaan Dokumen?

2023-05-25T15:13:34+07:00 December 29th, 2022|Categories: Document Management System, OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – Sistem pengelolaan dokumen (Document Management System) masa kini tidak lagi dilakukan secara manual. Teknologi seperti Optical Character Recognition (OCR) telah diterapkan di berbagai aplikasi DMS. Apa saja manfaat OCR dan mengapa Anda harus menerapkannya dalam dunia kerja atau bisnis?

Pengertian Sistem Pengelolaan Dokumen

DMS atau Document Management System adalah proses yang melibatkan pengenalan, pengelolaan, dan penyimpanan dokumen dalam bentuk database. Ketika berbagai perusahaan merangkul teknologi digital dan prinsip paperless, DMS berfokus pada pembuatan database digital.

Dalam DMS, dokumen dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori yang relevan dan memudahkan bagi mereka yang membutuhkannya. Contohnya adalah pengelompokkan berdasarkan tingkat urgensi, kerahasiaan, pengguna, pembahasan, dan sebagainya.

 

Komponen dalam Pengelolaan Dokumen

Sistem pengelolaan dokumen melibatkan beberapa komponen, yaitu:

  • Metadata

Metadata adalah informasi yang ikut tersimpan bersama dokumen. Dalam dokumen digital, metadata termasuk ukuran data, waktu dan tanggal penyimpanan, format, dan nama dokumen.

  • Pemindaian/Penangkapan Dokumen

Proses pemindaian atau penangkapan dilakukan terhadap dokumen fisik agar informasinya bisa disimpan secara digital. Proses ini menggunakan teknologi pengenalan karakter optik alias OCR yang mengubah gambar menjadi file teks digital.

  • Proses Indeks

Proses indeks merupakan klasifikasi data sesuai kategori tertentu agar mudah ditemukan. Indeks membuat pengelolaan dan pencarian data menjadi lebih mudah dan cepat.

  • Penyimpanan

Data digital harus disimpan di tempat aman sekaligus mudah diakses bagi yang membutuhkan. Contohnya adalah sistem cloud dan aplikasi manajemen dokumen seperti integraOffice yang memberi akses hanya kepada pengguna spesifik.

  • Pencarian, Penarikan, Distribusi

Pencarian, penarikan, dan distribusi merupakan tiga aktivitas harian umum terkait dokumen. Penggunaan teknologi OCR DMS berguna untuk menciptakan klasifikasi dan pendataan yang rapi sehingga ketiga aktivitas tersebut berjalan lancar.

Baca juga:  Cara Mengatur Dokumen yang Baik Dalam Aplikasi Dokumen Manajemen

 

OCR dalam Sistem Pengelolaan Dokumen

OCR membantu membaca file foto atau dokumen hasil scan sehingga mengurangi kebutuhan input data dokumen secara manual untuk dijadikan file docx atau ms word. Hal ini menghemat waktu dan tenaga sehingga Anda bisa fokus ke aspek bisnis yang lain. Proses ini juga mempercepat penyimpanan dokumen sebagai file digital dan mengurangi risiko kesalahan.

Salah satu penerapan OCR dalam sistem pengelolaan dokumen adalah lewat integraOffice. Sistem pengelolaan dokumennya menerapkan teknologi OCR untuk kerja lebih efisien. Gunakan integraOffice sebagai metode manajemen dokumen yang lebih efisien dan canggih.