Mengapa Universitas Perlu IT Master Plan?

2024-01-17T10:11:37+07:00

integrasolusi.com Sekarang ini kita dihadapkan dengan berbagai macam kemajuan dan perkembangan teknologi digital yang sekilas tidak aka nada hentinya, tiap hari bahkan tiap jampun akan bermunculan inovasi dan teknologi-teknologi terbaru yang diciptakan terutama Teknologi Informasi. Dengan adanya inovasi Teknologi Informasi terbaru harapannya dapat mempermudah dan membantu berbagai macam kebutuhan dan kegiatan kita sehari-hari, mulai dari aktivitas kita dirumah sampai dengan aktivitas kerja kita di kantor.

Tapi akankah inovasi Teknologi Informasi tersebut dapat kita gunakan dan manfaatkan secara optimal sesuai dengan kebutuhan kita/organisasi? Atau bahkan kita harus membuang-buang anggaran untuk teknologiyang tidak kita butuhkan?. Itu mungkin adalah hal yang akan dipertimbangkan secara matang oleh instansi/perusahaan tempat kita bekerja. Tidak hanya di instansi/perusahaan saja, tapi di semua sektor yang memanfaatkan perkembangan teknologi, juga akan berpikiran yang sama, yaitu manfaatkan teknologi yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Begitu juga dengan sektor/bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (kampus/universitas), yang tentunya akan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi demi kelancaran aktivitas yang ada dan berhubungan dengan institusi itu sendiri (universitas). Nah agar kedepannya dapat menbuat perencanaan strategis tentang kebututuhan Teknologi Informasi apa yang sekiranya akan digunakan, tentunya membutuhkan sebuah IT Master Plan ang menjadi panduan pengembangan dan pembangunan Teknologi Informasi di masa mendatang.

Apa Sih Sebenarnya IT Master Plan itu?

IT Master Plan adalah  suatu perencanaan jangka panjang (biasanya perencanaan strategis selama 5 tahunan) dalam upaya pengembangan Teknologi Informasi,  untuk mendukung dan mewujudkan visi dan misi perusahaan. Dalam  IT Master Plan biasanya berisi strategi-strategi organisasi/perusahaan dalam upaya memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif bagi organisasi/perusahaan. IT Master Plan ini sendiri membahas mulai dari visi dan misi organisasi/perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT ke depan.

Baca juga:  Wujudkan Visi Organisasi Anda dengan IT Master Plan!

Mengapa Universitas Perlu IT Master Plan ?

Ya jelas, sangat perlu dong, karena bagaimanapun institusi pendidikan tinggi seperti Universitas tentunya punya rencana strategis selama 5 tahun untuk bisa mewujudkan visi dan misinya. Tentu saja dalam era digital seperti sekarang ini, tentunya universitas juga punya proyeksi dalam perencanaan dan pengembangan bidang IT nya. Selan itu ada beberapa hal yang mendasari mengapa IT Master Plan itu penting bagi universitas, seperti:

  • Dengan adanya perencanaan Teknologi Informasi yang tepat, efektif dan efisien, tentunya dapat membantu dan mendukung operasional bisnis sehari-hari serta membantu pihak manajemen universitas dalam mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan bidang Teknologi Informasi.
  • Universitas pasti membutuhkan semacam cetak biru (blueprint) dalam merencanakan investasi dan mengembangkan IT serta mengimplementaskannya, sehingga investasi IT sesuai dengan anggaran dan kebutuhan universitas.
  • Universitas tentunya mebutuhkan perencanaan di bidang IT, sebagai enabler dalam mewujudkan visi dan nisinya
  • IT Master Plan akan menjadi dasar/pondasi yang kuat bagi universitas, karena semua perencanaan, keputusan dan regulasi yang ada internal universitas akan terintegrasi dengan baik dalam sebuah sistem yang berbasis Teknologi Informasi.

Uraian di atas adalah beberapa alasan mengapa sih IT Master Plan itu penting dan dibutuhkan bagi universitas khususnya dan bagi Pendidikan Tinggi pada umumnya. Kaitannya dengan hal itu, PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan IT yang kompeten dan sudah berpengalaman dalam bidang IT akan membantu organisasi/instansi Anda, khususnya universitas. Akan membantu mengimplementasikan dalam membangun sistem berbasis IT di organisasi/instansi Anda dengan IT Master Plan.

Jadi tunggu apalagi?Untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini.