Mengenal Apa Itu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

2023-05-23T14:47:36+07:00 November 2nd, 2022|Categories: Persuratan|

Kini, transformasi digital telah banyak diaplikasikan di berbagai bidang mulai dari bisnis, perbankan, hingga dunia pendidikan. Tak ketinggalan, sistem pemerintahan pun juga menerapkan hal yang sama dengan membuat SPBE atau yang juga dikenal dengan istilah e-government. Mari kita bahas apa itu!

 

Pengertian SPBE

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik adalah sistem pemerintahan dengan pemanfaatan  TIK (information and communication technology) untuk menyediakan layanan kepada para penggunanya. Para pengguna tersebut meliputi instansi pusat, Pemerintah Daerah, PNS/ASN,  masyarakat, individu, pebisnis, dan pihak-pihak lain yang menggunakan layanan itu.

Ada sejumlah alasan mengapa Indonesia perlu memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Alasan tersebut misalnya: 1) pemerintahan yang tidak transparan dan akuntabel, 2) data yang lambat, tidak sahih, dan tidak akurat; serta 3) birokrasi layanan yang berbelit-belit.

 

Tujuan Diterapkannya SPBE

E-government tentu tidak asal dibuat begitu saja tanpa adanya tujuan yang jelas. Berikut adalah beberapa tujuan mengapa sistem ini diimplementasikan dalam pemerintahan.

  • Demi terwujudnya pemerintahan dengan tata kelola yang efektif, tepat guna, bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Demi terwujudnya pelayanan umum yang bermutu dan terpercaya.
  • Demi terwujudnya SPBE yang terpadu.

 

Penggunaan e-Office Sebagai Salah Satu Bentuk Penerapan SPBE

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik memiliki cakupan yang luas, meliputi: layanan dari pemerintah ke pemerintah (G2G), pemerintah ke masyarakat (G2C), pemerintah ke pelaku usaha (G2B), dan pemerintah ke ASN (G2E). G2G sendiri mencakup layanan e-Monev, e-Planning, e-Budgeting, dan e-Office.

e-Office merupakan salah satu bentuk penerapan e-government melalui penggunaan aplikasi untuk mempermudah kegiatan perkantoran. Dengan aplikasi ini, aktivitas penandatanganan surat dan pemberian disposisi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja meski sedang tidak berada di kantor. Dengan begitu, aktivitas surat-menyurat bisa dilakukan  dengan lebih cepat dibandingkan cara manual.

 

integraOffice, Aplikasi Persuratan Pendukung SPBE

Untuk menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, integraOffice menghadirkan aplikasi persuratan online yang dapat membantu memperlancar urusan perkantoran di instansi pemerintahan. Aplikasi pembuat surat ini dapat mempermudah proses surat-menyurat menjadi lebih cepat dan efisien waktu.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu SPBE, tujuan, dan aplikasi yang digunakan. Jangan lupa, baca juga artikel menarik lainnya di website integraOffice. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber Referensi:
https://persuratan.integrasolusi.com
https://diskominfo.bantenprov.go.id/post/S-P-B-E
https://disperindag.sumbarprov.go.id/details/news/9236
https://www.menpan.go.id/site/kelembagaan/sistem-pemerintahan-berbasis-elektronik-SPBE-2
https://kita.menpan.go.id/wp-content/uploads/2019/11/Paparan-SPBE-Sistem-Pemerintahan-Berbasis-Elektronik.pdf
https://diskominfo.bekasikota.go.id/content/berita-terkini/3334/sosialisasi-sertifikasi-elektronik-dan-penggunaan-aplikasi-eoffice-di-sekretariat-dprd-kota-bekas