Mengenal SMKI dan Fungsinya bagi Perusahaan Maupun Instansi

2024-01-04T09:22:31+07:00 March 24th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Di tengah kemajuan teknologi, makin banyak aktivitas yang kita lakukan secara online. Tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi semata, teknologi dimanfaatkan untuk pendidikan, bisnis, dan juga kebutuhan komunikasi di kalangan pemerintahan. Untuk melindungi semua informasi dan data yang dipertukarkan secara online, kita membutuhkan perlindungan keamanan yang mumpuni. Salah satunya adalah lewat implementasi SMKI.

 

Baca juga: Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berbasis Risiko

 

Apa yang dimaksud dengan SMKI? Apa saja fungsi SMKI bagi organisasi seperti perusahaan, lembaga maupun instansi pemerintah? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu SMKI?

SMKI merupakan singkatan dari Sistem Manajemen Keamanan Informasi. SMKI sendiri merupakan rencana manajemen yang secara spesifik menjelaskan berbagai komponen yang dibutuhkan untuk implementasi kontrol keamanan sesuai dengan kebutuhan setiap organisasi. SMKI dirancang untuk melindungi berbagai data dan aset informasi dari kemungkinan adanya ancaman yang merugikan.

Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI ISO/IEC 27001:2013 merupakan panduan keamanan informasi. Di dalamnya dijelaskan berbagai syarat untuk membuat, melaksanakan, menerapkan, melakukan pengawasan dan analisis serta dokumentasi informasi. SMKI mencakup 3 asas atas informasi yakni:

  • Kerahasiaan (confidentiality)
  • Keutuhan/integritas (integrity)
  • Ketersediaan (availability).

 

Baca juga: Begini Cara Membangun Keamanan Informasi Pada Perusahaan

 

Fungsi dan Tujuan SMKI

Secara umum, SMKI memiliki sejumlah fungsi dan tujuan antara lain:

Melindungi Organisasi dari Ancaman Keamanan

Kerangka kerja SMKI memastikan perusahaan atau instansi Anda memiliki alat untuk memperkuat pertahanan keamanan di dunia maya mencakup sumber daya manusia, proses kerja dan teknologi yang digunakan. Ketika perlindungan keamanan data dan informasi Anda baik, maka Anda bisa terhindar dari peretasan dan kebocoran data yang merugikan.

Baca juga:  5 Bahaya Mengambil Source Code Gratis

Menghindari Ancaman Hukum

Pemerintah memiliki aturan khusus mengenai perlindungan keamanan data konsumen. Dengan menerapkan SMKI secara tepat, Anda bisa menghindari risiko pelanggaran hukum yang menyebabkan denda atau hukuman bagi perusahaan.

Melindungi Reputasi Perusahaan

Organisasi apapun, baik itu perusahaan, lembaga pemerintah maupun lembaga pendidikan yang menggunakan teknologi dalam aktivitas kerjanya membutuhkan perlindungan data yang mumpuni. Kebocoran data karena tidak adanya perlindungan keamanan akan menyebabkan rusaknya reputasi dan nama baik organisasi terkait.

 

Baca juga: Mengapa Keamanan Informasi Penting dan Harus Diperhatikan!

 

Itu dia penjelasan singkat mengenai Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan beberapa fungsi serta tujuannya. Lakukan implementasi SMKI secara optimal agar data perusahaan bisa terlindungi dengan baik.