CATAT : Mengapa Keamanan Informasi Penting dan Harus Diperhatikan !!

2020-07-14T16:38:34+00:00

integrasolusi.com Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, kini juga bersama dengan semakin beragamnya kejahatan  dunia teknologi dan informasi atau lebih dikenal dengan cyber crime. Hal ini tentu menuntut kepada seluruh organisasi untuk menjaga agar sumber daya informasi yang mereka miliki tetap aman. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa keamanan informasi merupakan suatu hal yang sangat vital dalam perusahaan. Apalagi jika perusahaan anda sangat erat kaitannya dengan kerahasiaan data pelanggan, maka keamanan informasi akan sangat menentukan keberhasilan perusahaan anda.

Di sisi lain, saat ini tingkat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap keamanan informasi sebenarnya terbilang masih rendah, masih banyak yang kurang menyadari apa pentingnya keamanan informasi. Bagi sebagian besar perusahaan, saat ini keamanan informasi masih kerap dianggap sebatas untuk memenuhi syarat atau standar terhadap suatu regulasi tertentu. Padahal di lain pihak, perusahaan memiliki begitu banyak data dan informasi yang harus dilindungi.

Kesempatan kali ini PT Integra Teknologi Solusi akan membagikan untuk sobat office terkait dengan tiga pilar pentingnya dalam keamanan informasi, yang dimana apabila salah satu dari ketiga ini tidak terpenuhi maka akan berpotensi memunculkan insiden keamanan informasi. Tiga pilar tersebut antara lain :

  1. Kerahasiaan (Confidentiality)

Secara singkat sama dengan arti katanya yaitu kerahasian, hal ini sebagai informasi yang kita miliki pada database, seusatu yang rahasia dan pengguna atau orang yang tidak berkepentingan tidak dapat mengaksesnya. Dengan kata lain, hanya pihak yang berhak dan berwenang saja yang dapat mengakses informasi tersebut. Maka oleh karena itu, kebanyakan organisasi umumnya mengklasifikasikan informasi atau data untuk mengakomodir tercapainya confidentiality. Klasifikasinya yaitu internal use only (hanya digunakan di lingkungan internal perusahaan), public (biasanya disebarkan melaui website atau media sosial perusahaan), dan confidential (sangat rahasia, contohnya data-data terkait planning, financial, business process, dan lainnya)

 

  1. Integritas (Integrity)

Integrity maksudnya adalah data tidak dirubah dari aslinya oleh orang yang tidak berhak, sehingga konsistensi, akurasi, dan validitas data tersebut masih terjaga. Dengan bahasa lain, integrity mencoba memastikan data yang disimpan benar adanya, tidak ada pengguna yang tidak berkepentingan atau software berbahaya yang mengubahnya. Integrity berusaha untuk memastikan data diproteksi dengan aman dari ancaman yang disengaja (serangan hacker) maupun ancaman yang tidak disengaja (misalnya, kecelakaan).

 

  1. Ketersediaan (Availability)

Maksud dari availability adalah memastikan sumber daya yang ada siap diakses kapanpun oleh user atau application sistem yang membutuhkannya. Sama seperti aspek integrity, rusaknya aspek availability dari sistem juga bisa diakibatkan karena faktor kesengajaan dan faktor accidental (kecelakaan). Faktor kesengajaan bisa dari serangan Denial of Service (DoS), malware, maupun hacker atau cracker. Untuk faktor accidental (kecelakaan) bisa karena hardware failure (rusak atau  tidak berfungsi dengan baiknya hardware tersebut), konsleting listrik, kebakaran, banjir, gempa bumi, dan bencana alam lainya.

 

Demikian tiga pilar dasar pada keamanan informasi. Ketiganya (confidentiality, integrity, availability) harus tercapai dan terlindungi untuk menciptakan suatu sistem yang bisa dibilang aman walaupun kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar aman. Setidaknya dengan mengetahui 3 pilar penting dalam keamanan informasi tersebut, Anda lebih mudah untuk melakukan upaya keamanan informasi pada perusahaan Anda. PT Integra Teknologi Solusi juga selalu siap membantu Anda dalam meningkatkan keamanan informasi pada organisai, dengan tenaga ahli yang professional dan berpengalaman, kami merasa yakin untuk menghadirkan Solusi keamanan informasi di perusahaan Anda.

Nantikan selanjutnya akan kami bahas kembali lebih lengkap dalam acara webinar, pada hari Rabu, 15 Juli 2020

Yuk hubungi kami untuk berkonsultasi dan berdiskusi lebih lanjut !

 

 

Sumber :
https://integrasolusi.com/blog/2020/04/15/populer-ini-pentingnya-penerapan-keamanan-it-bagi-perusahaan/
https://netsec.id/confidentiality-integrity-availability-keamanan-informasi/

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp