OCR: Aplikasi Pembaca Gambar Wajib untuk Kantor

2023-05-23T14:25:45+07:00 December 7th, 2022|Categories: OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – Dalam proses digitalisasi di era ini, mesin scan jadi kebutuhan penting untuk mendukung berbagai aktivitas terkait dokumen. Sayangnya, isi teks dari file hasil scan dalam format gambar maupun pdf tidak dapat terbaca saat dilakukan pencarian. Pun, jika user perlu menyalin isi (teks) dari hasil gambar atau pdf tersebut, maka dia harus mengetiknya secara manual di dokumen baru. Oleh sebab itu, aplikasi pembaca gambar hadir untuk mengatasi isu ini.

 

Sulitnya Mencari Dokumen Hasil Scan

Selama ini umumnya Anda harus mengetikkan kata yang ada pada judul atau nama file untuk mencari nama tersebut, bukan? Jika lupa apa nama file-nya, maka Anda pun harus mencarinya satu per satu. Cara untuk mencegah terjadinya hal ini adalah dengan memastikan penyimpanan benar-benar terstruktur dan selalu mengingat nama file.

Sayangnya, cara ini cenderung kurang efektif terutama setiap hari Anda berurusan dengan banyak dokumen—tidak mungkin menghafalkan satu per satu, bukan? Tujuan digitalisasi dokumen yang memudahkan pengarsipan dan pencarian menjadi tak terpenuhi. Sebaliknya, proses pencarian justru menjadi lebih lama dan bahkan berdampak pada pekerjaan lainnya yang ikut terhambat.

 

Baca juga: Teknologi OCR dan Fungsinya dalam Arsip Dokumen Perusahaan

 

Optical Character Recognition (OCR) Jadi Solusi

Beruntungnya, kini ada teknologi optical character recognition alias OCR sebagai solusi masalah ini. OCR dimanfaatkan sebagai aplikasi ubah gambar jadi teks, sehingga perangkat seperti komputer dan laptop dapat membaca teks dalam file hasil scan. Dengan begitu, Anda tak perlu repot harus selalu menghafal lokasi penyimpanan maupun judul file hasil scan. 

Baca juga:  Mengenal OCR, Sistem Andal Pemindai Teks untuk Pengarsipan Dokumen Anda

Pencarian dokumen scan jadi lebih gampang karena Anda cukup mengetikkan keyword sesuai isi atau konten file tersebut. Dengan proses panjang dan detail yang terjadi sangat cepat, Anda bisa menemukan file yang diinginkan bahkan dalam hitungan detik saja. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai, tugas pun tak perlu lagi tertumpuk hanya karena masalah “sepele” ini.

 

Baca juga: Mengenal OCR, Sistem Andal Pemindai Teks untuk Pengarsipan Dokumen Anda

 

Solusi Pemindai Teks OCR integraOffice

integraOffice menyediakan solusi aplikasi pembaca gambar OCR terbaik untuk membantu aktivitas dokumentasi dan pengarsipan digital Anda. Hasil scan dalam format gambar maupun PDF pun akan tetap terbaca isi atau kontennya lewat inovasi ini. Tak perlu khawatir, Anda pun bisa mengintegrasikannya dengan berbagai aplikasi lain yang dibutuhkan secara gampang.

Aplikasi pembaca gambar alias text scanner ini telah banyak diadopsi oleh banyak perusahaan dalam mendukung operasional mereka. Kini, saatnya Anda meningkatkan produktivitas kerja yang efektif bersama integraOffice.