Pahami Apa Itu Aplikasi Pemerintahan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

2023-07-06T10:52:07+07:00 July 1st, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Di era teknologi seperti saat ini, pemerintah berbondong-bondong menggunakan teknologi untuk mempermudah pelaksanaan pelayanan publik. Penggunaan teknologi di dalam pemerintahan ini biasanya berwujud aplikasi pemerintahan atau yang sering disebut sebagai e-government.

Apa itu aplikasi pemerintahan atau e-government? Berikut adalah definisi aplikasi pemerintahan dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan teknologi di bidang pemerintahan ini.

Apa Itu Aplikasi Pemerintahan?

Aplikasi pemerintahan atau e-government adalah suatu sistem yang didesain untuk lingkup pemerintahan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, komunikasi, transparansi, serta akuntabilitas pemerintah dalam melakukan pelayanan publik. 

Selain berguna dalam membantu pelayanan masyarakat, aplikasi ini juga bisa berperan dalam memberikan arahan maupun menyampaikan kebijakan baru kepada masyarakat. Dengan adanya aplikasi pemerintahan, pemerintah bisa lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga kepercayaan publik pun bisa ditingkatkan dengan mudah.

Baca juga:  Peran SPBE Menjadikan Proses Kerja Pemerintahan menjadi Efektif dan Efisien

Manfaat Apa Saja yang Bisa Didapatkan?  

Penerapan teknologi di lingkungan pemerintahan tentunya akan membawa dampak positif tersendiri bagi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa manfaat dari aplikasi pemerintahan misalnya sebagai berikut:

1. Layanan masyarakat bisa diakses lebih mudah

Dengan adanya aplikasi pemerintahan, pemerintah bisa memberikan pelayanan dengan lebih mudah. Pelayanan masyarakat di berbagai bidang pun bisa dilakukan dengan waktu yang lebih singkat.

Ini artinya, menggunakan teknologi e-government juga bisa membantu pemerintah mempersingkat waktu pelayanan per masyarakat. Alhasil, makin banyak juga masyarakat yang bisa mendapatkan pelayanan setiap harinya.

2. Hubungan pemerintah dan masyarakat bisa terjalin dengan baik

Adanya aplikasi pemerintahan membuka peluang bagi pemerintah untuk bertindak lebih ‘transparan’. Ini tentunya akan membantu masyarakat untuk meningkatkan kepercayaannya kepada pemerintah. 

3. Informasi bisa lebih mudah diperoleh

Dari kacamata masyarakat, mereka bisa mengakses informasi yang disampaikan pemerintah dengan lebih mudah. Bahkan, informasi yang disampaikan pemerintah ini bisa diakses selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. 

Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor pemerintahan sekadar untuk menanyakan informasi sepele karena semua tersedia di aplikasi pemerintahan.

4. Komunikasi dan koordinasi pemerintahan bisa jadi lebih efisien

Karena koordinasi pemerintah-masyarakat bisa dilakukan melalui aplikasi, maka bukan tidak mungkin pelaksanaan kegiatan pemerintahan menjadi lebih hemat waktu. 

Bahkan, ini juga bisa membuka peluang peningkatan efektivitas koordinasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang bisa dilakukan dengan cepat cukup melalui aplikasi. 

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Sebagai simpulan, aplikasi pemerintahan (e-government) merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk mendukung komunikasi, efisiensi, efektivitas, transparansi, serta akuntabilitas dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik. 

Aplikasi pemerintahan ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan tidak hanya oleh pemerintah, namun juga oleh masyarakat sebagai penerima pelayanan.