Pahami Enterprise Architecture demi Kemajuan Bisnis

2024-01-04T09:21:35+07:00 April 14th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Pengembangan suatu bisnis membutuhkan pemahaman terhadap enterprise architecture. Konsep ini terkait dengan struktur dalam sistem dan manajemen data sehingga perannya penting. Bagaimana EA membantu bisnis berkembang?

Definisi Enterprise Architecture

Enterprise architecture adalah berbagai praktik bisnis terkait sistem dan struktur organisasi serta fungsinya, terutama yang berkaitan dengan manajemen data. Memahami konsep EA penting untuk menciptakan strategi yang mendukung pengembangan bisnis.

Layaknya ilmu arsitektur, EA membantu bisnis merancang dan membangun cetak biru/blueprint untuk memajukan bisnis. Cetak biru tersebut berupa deretan strategi dan rencana yang sesuai dengan kondisi serta potensi bisnis tersebut.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

Mengapa EA Penting untuk Bisnis?

Enterprise architecture berfungsi sebagai panduan bagi bisnis untuk menentukan strategi yang tepat. Setiap bisnis memiliki desain EA sendiri, tetapi fungsi utamanya secara umum adalah:

Meningkatkan Efisiensi dalam Praktik Bisnis

EA memudahkan perusahaan atau pemilik bisnis untuk menganalisis kelebihan, potensi, dan kekurangan. Hal ini memudahkan praktik efisiensi dalam berbagai departemen tanpa memengaruhi kualitas kerja.

Beradaptasi dengan Perubahan

Perubahan besar dalam dunia bisnis dan ekonomi membuat perusahaan harus mampu beradaptasi dengan cepat. EA memudahkan perusahaan untuk memfokuskan strategi agar bisa menghadapi gelombang perubahan.

Menurut laporan studi State of Enterprise Architecture tahun 2022 oleh Bizzdesign, organisasi dengan skor mutu EA tinggi memiliki tingkat kesuksesan tiga kali lebih tinggi dalam menghadapi efek pandemi COVID.

Memudahkan Adaptasi Sistem Digital

Adaptasi ke sistem digital merupakan proses yang rumit, terutama bagi perusahaan lama yang harus bersaing dengan nama-nama baru. EA bisa menjadi kunci untuk adaptasi yang lebih cepat, mudah, dan minim risiko.

Baca juga:  Apa itu IT Master Plan dan Mengapa Perusahaan Wajib Punya?

EA memudahkan perusahaan membuat IT master plan yang mencakup semua bidang kerja atau departemen. Misalnya, EA memudahkan perusahaan untuk membuat daftar aset IT, peta sistem yang sudah ada, serta alur berbagai proses bisnis yang harus diubah.

Baca juga: Kenali Apa Itu IT Master Plan serta Manfaatnya Bagi Perusahaan

Salah satu strategi adaptasi yang bisa diterapkan adalah penggunaan sistem manajemen digital seperti inOffice. Mulai dari manajemen persuratan hingga audit dan penerapan layanan IT, inOffice memudahkan proses adaptasi sistem digital menyeluruh.

Enterprises architecture adalah sistem yang wajib diterapkan jika ingin perusahaan sukses dalam menghadapi persaingan atau mengadaptasi sistem digital terbaru. Gunakan inOffice untuk mewujudkan penerapan EA demi kemajuan bisnis.