integrasolusi.com – Dalam suatu perusahaan, organisasi, maupun instansi, harus terdapat tata kelola perusahaan (Enterprise Governance) dan tata kelola teknologi informasi (IT Governance) yang baik. Bersama dengan enterprise governance, tata kelola TI mampu memastikan adanya pertumbuhan jelas pada efisiensi dan efektivitas proses bisnis. 

Apa sih tata kelola teknologi informasi dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Tata Kelola TI

Secara umum, tata kelola IT di perusahaan merupakan proses tata kelola yang bertujuan untuk mengembangkan dan memaksimalkan manajemen teknologi informasi secara menyeluruh. Tata kelola TI menjawab kebutuhan akan pentingnya efektivitas dan pemanfaatan manajemen informasi di tengah kompleksitas dan pesatnya teknologi.

Dalam proses bisnis, sering kali sumber daya yang ada belum mampu mencapai arah dan tujuan perusahaan. Dari sini, makin disadari peranan penting tata kelola teknologi informasi.

 

Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

Menjadi salah satu faktor krusial dalam keberhasilan dan kesuksesan perusahaan, berikut pentingnya tata kelola TI:

1. Mendapat Kepercayaan dari Stakeholder

Saat perusahaan menetapkan kebijakan untuk mengimplementasikan tata kelola TI, secara otomatis perusahaan telah memberikan jaminan kepada semua pihak, baik kelompok maupun individu, yang memiliki kepentingan dengan perusahaan.

2. Memiliki Manajemen Risiko

Tata kelola ini juga mampu mengidentifikasi berbagai risiko dalam sistem informasi dan teknologi. Dengan begitu, Anda mampu mengantisipasi maupun mengontrol risiko yang muncul.

3. Meningkatkan Produktivitas Kinerja dari Perusahaan

Dengan IT Governance, sistem kelola informasi di dalam perusahaan berjalan dengan lancar dan selaras. IT Governance memungkinkan satu divisi dengan divisi yang lain terhubung dan terintegrasi dengan baik.

 

Lima Fokus Area Tata Kelola IT 

Tata Kelola IT dapat dikelompokkan menjadi lima bagian, yakni:

  1. Value delivery yang berfokus pada strategi memaksimalkan biaya.
  2. Strategic alignment yang berfokus pada penyelarasan operasi TI dengan bagian lain dalam operasi bisnis.
  3. Performance management, di mana Tata Kelola IT menjalankan dan mengawasi pelaksanaan proses bisnis.
  4. Resource management yang berkonsentrasi pada semua sumber daya TI seperti infrastruktur dan aplikasi.
  5. Risk management, di mana IT Governance mengidentifikasi risiko dan menanamkan tanggung jawab risiko pada setiap divisi.

 

Tata kelola teknologi informasi dibutuhkan dalam rangka menghasilkan sistem teknologi informasi yang optimal dan sesuai. Karena itulah, tata kelola TI sangat penting bagi perusahaan.