Konsep Bisnis, Data, Aplikasi, Teknologi (BDAT) Dalam Tata Kelola IT

2024-01-04T09:21:51+07:00 March 30th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Dalam tata kelola TI atau IT governance, ada empat aspek utama yang sangat penting. Empat aspek utama ini meliputi Konsep Bisnis, Data, Aplikasi, dan Teknologi atau disingkat BDAT. Menerapkan konsep ini dalam tata kelola TI akan membantu perusahaan mengelola sumber daya IT mereka dengan lebih efektif dan efisien. Simak penjelasannya di bawah ini.

Bisnis/Business

Tata kelola TI diterapkan untuk membantu perusahaan mengatur, mengidentifikasi dan mengevaluasi proses bisnis. Bisnis sendiri mencakup empat aspek, yakni tujuan bisnis, strategi, arsitektur bisnis, dan manajemen bisnis. 

Tata kelola TI yang baik akan membuat perusahaan unggul dalam hal informasi, modal, peluang, dan keunggulan kompetitif lainnya pada persaingan bisnis itu sendiri. 

 

Baca juga: Memahami 5 Prinsip Dasar dalam COBIT 5

 

Data

Aspek BDAT selanjutnya adalah data. Dengan tata kelola TI yang baik, perusahaan akan mampu mengelola, menyimpan, memproses, dan menganalisis data dengan lebih efektif. Data tentu merupakan aset penting perusahaan. 

Karenanya, data harus tetap terjaga dan terjamin keamanannya. Aspek data sendiri mencakup manajemen data, analitik, dan keamanan data.

 

Baca juga: Manfaat Mengukur IT Maturity Level dari Framework COBIT

 

Aplikasi/Applications

Suatu perusahaan tentu memiliki aplikasi atau sistem tertentu yang membantu dalam menjalankan proses bisnis dengan lebih mudah dan cepat. Dalam hal ini, infrastruktur TI harus dapat berintegrasi dan bersinergi dengan aplikasi tadi. Manajemen TI harus memastikan bahwa aplikasi yang dijalankan sudah sesuai dengan strategi bisnis. 

Hal ini agar tujuan bisnis dapat tercapai. Selain itu, aplikasi dalam perusahaan juga sering kali digunakan untuk memproses dan mengelola data. Dengan tata kelola TI, data yang dikelola tadi dapat dijamin keamanannya dan terhindar dari kemungkinan kebocoran data.

Baca juga:  Tips: Ini Langkah-Langkah Agar Keamanan Data Perusahaan Tetap Aman & Terjamin

 

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

 

Teknologi/Technology

Tata kelola TI memastikan bahwa sumber daya teknologi yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara maksimal dan efisien. Dalam aspek teknologi, IT governance yang baik akan mampu meningkatkan nilai keuntungan dan bisnis.

Hal ini karena penggunaan teknologi disertai tata kelola TI yang baik mampu mengurangi risiko kegagalan dalam proses bisnis dan pelanggaran privasi atau data. Selain itu, TI juga memperkuat aspek teknologi yang ada dengan memperkuat sistem keamanan dari serangan siber.

Itu tadi pentingnya Konsep Bisnis, Data, Aplikasi, dan Teknologi atau BDAT untuk memastikan tata kelola TI dapat berjalan dengan efektif dan efisien guna mendukung tujuan bisnis organisasi.