Memahami 5 Prinsip Dasar dalam COBIT 5

2024-01-04T09:22:05+07:00 March 27th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan kerangka kerja yang membantu perusahaan untuk menghadapi tantangan bisnis serta kepatuhan kepada peraturan, manajemen risiko dan menyelaraskan strategi IT dengan kebutuhan perusahaan. COBIT 5 memiliki 5 prinsip dasar yang harus diketahui. Simak 5 prinsip COBIT 5 berikut ini!

1. Mencakup Seluruh Perusahaan

COBIT 5 merupakan kerangka kerja yang dapat diterapkan ke seluruh bagian perusahaan untuk memaksimalkan value-nya bagi perusahaan. Kerangka kerja tersebut mengambil tata Kelola dan manajemen risiko perusahaan secara keseluruhan, bukan hanya berfokus pada IT-nya saja.

2. Menciptakan Framework yang Terintegrasi

COBIT 5 adalah kerangka kerja terintegrasi yang mencakup semua divisi, karyawan dan tim dalam perusahaan. COBIT menggabungkan kebutuhan dan proses organisasi dan manajemen IT dengan tata Kelola perusahaan. Framework yang terintegrasi ini membantu mengidentifikasi potensi ancaman terhadap perusahaan dan meningkatkan proses agar kegiatan operasional berjalan dengan lebih efisien.

3. Memenuhi Kebutuhan Stakeholder

Prinsip dasar COBIT yang berikutnya adalah kemampuannya memenuhi kebutuhan stakeholder atau pemangku kepentingan. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan stakeholder selalu menjadi prioritas perusahaan. Sebab, tujuan ini baru berhasil kalau semua kebutuhan stakeholder terpenuhi.

Stakeholder memiliki persyaratan tertentu yang diatur dalam kerangka kerja COBIT 5 dengan mengelola semua operasi IT di seluruh bagian perusahaan dengan baik. Ini secara langsung akan berdampak kepada kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan dari bisnis itu sendiri.

4. Memisahkan Tata Kelola dari Manajemen dan Memasukkannya ke dalam Lingkup IT

Tanggung jawab tata kelola semua aplikasi dan sistem harus dialihkan dari tim manajemen ke tim operasional IT. Ini karena merekalah yang paling siap untuk mengelola semua itu. Jika tata kelola TI dan tata kelola perusahaan digabungkan dengan bantuan COBIT 5, dan seluruh proses menjadi jauh lebih mudah dan simpel.

Baca juga:  Manfaat Mengukur IT Maturity Level dari Framework COBIT

5. Menciptakan Pendekatan Holistik untuk Efisiensi Operasional

COBIT 5 lebih dari sekadar departemen IT bagi sebuah perusahan. Kerangka kerja ini menyediakan pendekatan terpadu dan holistik untuk meningkatkan proses operasional agar efisiensi semakin maksimal. Ketika sebuah perusahaan menerapkan kerangka kerja COBIT 5 di perusahaan mereka, tim bisa berfokus untuk menjadi lebih produktif dan menghasilkan output yang bernilai bagi pelanggan.

 

Baca juga: Manfaat Mengukur IT Maturity Level dari Framework COBIT

 

Itulah prinsip COBIT 5 yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan efisiensi kegiatan operasional perusahaan!