Panduan Memilih Jasa Audit ISO 27001 Terbaik untuk Bisnis Anda

2024-01-04T09:05:51+07:00 September 26th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Keamanan informasi di perusahaan harus menjadi prioritas karena banyaknya informasi penting yang menjadi target ancaman. Menggunakan jasa audit ISO 27001 akan sangat membantu dalam mencapai keamanan yang baik. Di sini ada panduan dalam memilih jasa audit ISO 27001.

Tingkat Pengalaman

Karena jumlahnya tidak sedikit, melihat pengalaman jasa audit akan mempermudah proses pemilihan. Jasa yang sudah punya pengalaman bertahun-tahun lamanya akan lebih paham mengenai kebutuhan perusahaan. Mereka juga sudah pernah melakukan audit pada berbagai jenis perusahaan sehingga tahu jenis keamanan yang cocok untuk tiap perusahaan. 

Baca juga:  Mengenal 3 Audit Teknologi Informasi: ISO 27001, COBIT, Penetration Testing

Akreditasi Jasa Audit

Selain pengalaman, akreditasi auditor juga sangat penting. Akreditasi ini tidak hanya menunjukkan kemampuan auditor tapi juga akan menghindari Anda dari masalah legalitas. Beberapa badan akreditasi yang sudah diverifikasi secara internasional adalah KAN, IAS, ANAB, DAkkS, JAB, dan UKAS.

Cara mematikan akreditasinya dengan melihat nama badan akreditasi di sertifikat jasa auditor. Selanjutnya, buka situs badan akreditasi dan masukkan hal-hak yang dibutuhkan seperti nama jasa auditor, alamat, dan nomor sertifikat. Bila terakreditasi, informasi mengenai jasa auditor akan muncul.

Profesionalitas

Kriteria memilih jasa audit ISO 27001 lainnya adalah melihat profesionalitas jasanya. Untuk memastikannya membutuhkan sedikit usaha karena berkaitan dengan teknis. Memastikannya bisa dengan bertanya mengenai company profile atau daftar klien yang pernah menggunakan jasa mereka. 

Lamanya Proses dan Biaya

Apakah Anda memiliki tenggat waktu dan biaya tertentu yang harus dipenuhi? Maka periksalah berapa lama proses audit berjalan dan biaya yang harus dikeluarkan. Jelaskan kebutuhan Anda sehingga jasa audit bisa memberikan estimasi yang jelas.

Hal ini penting untuk diingat karena prosesnya bisa memakan waktu dan beberapa jasa audit juga menerapkan biaya yang cukup mahal. Apabila sudah mengetahui estimasinya sejak awal, Anda bisa menentukan mana jasa yang mampu memenuhinya.

Baca juga:  Mengupas Tuntas Keamanan Informasi Perusahaan dan Peran Penting Jasa Audit ISO 27001

Berikan Pertanyaan Kepada Auditor

Anda harus lebih proaktif dalam bertanya kepada jasa auditor. Dengan begitu, Anda bisa yakin jika jasa yang dipilih sudah sesuai. Beberapa contoh pertanyaan yang bisa disampaikan adalah:

  • “Apa saja tahapan yang dilakukan selama audit?”
  • “Apa response team dapat bekerja dengan tanggap saat terjadi sesuatu?
  • “Bagaimana cara jasa memberikan implementasi terbaik untuk perusahaan?”
  • “Apakah jasa sudah pernah melakukan audit ke perusahaan yang serupa?”

Penutup

Begitulah kriteria penting yang harus dilihat saat memilih jasa audit ISO 27001. Terus lakukan perbaikan setelah melaksanakan audit agar keamanan di perusahaan semakin meningkat.