Penggunaan Teknologi Keamanan Dokumen untuk Melindungi Dokumen Perusahaan

2023-09-06T15:35:33+07:00 August 30th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: |

integrasolusi.com – Dokumen perusahaan merupakan aset berharga yang berisikan informasi penting dan rahasia, maka keamanan dalam penyimpanan dokumen merupakan prioritas utama untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data. Dengan adanya kemajuan teknologi, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi keamanan dokumen untuk melindungi dokumen perusahaan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja teknologi keamanan dokumen yang dapat digunakan untuk melindungi dokumen perusahaan?

Penggunaan Teknologi Keamanan Dokumen

Sistem Keamanan Digital

Untuk sistem pengelolaan dokumen digital, fondasi utama untuk melindungi dokumen perusahaan adalah dengan menggunakan sistem keamanan digital. Hal ini mencakup keamanan jaringan yang ada di lingkup perusahaan, firewall, serta menerapkan kebijakan akses yang ketat.

Enkripsi Data

Teknologi keamanan dokumen yang berikutnya adalahnya enkripsi data. Proses enkripsi data yaitu dengan mengonversikan informasi pada dokumen menjadi tidak terbaca ketika diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Hanya orang yang memegang kunci enkripsi saja yang dapat mengakses dan membaca dokumen tersebut.

Autentikasi Pengguna

Autentikasi merupakan proses identifikasi seperti pengenalan wajah, sidik jari, atau menggunakan OTP (One-Time Password). 

Teknologi keamanan dokumen ini dapat dipilih untuk membantu memastikan hanya pengguna berwenang yang bisa mengakses dokumen perusahaan. Hal ini dapat mengurangi risiko akses yang tidak sah dan meminimalkan kebocoran data.

Baca juga:  3 Cara Memalsukan Dokumen yang Perlu Anda Waspadai

Keamanan dalam Penyimpanan dan Pengarsipan Dokumen

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan teknologi keamanan dokumen untuk memastikan keamanan dalam penyimpanan dokumen mereka. Apa saja teknologi keamanan dokumen yang dapat dilakukan untuk pengarsipan dokumen yang lebih aman?

Penggunaan Gudang dan Akses Terbatas

Untuk dokumen penting berwujud fisik, penting untuk memiliki penyimpanan dokumen yang aman seperti gudang terkunci. Gudang ini hanya bisa diakses oleh staff yang berwenang dengan menggunakan kunci dengan pemindai otomatis, seperti sidik jari atau kartu akses.

Penggunaan teknologi kunci elektronik ini dapat meningkatkan keamanan karena dapat membatasi akses ke  gudang penyimpanan dokumen dengan efektif.

Penggunaan Sistem Manajemen Dokumen Terpadu

Penggunaan sistem manajemen dokumen seperti inOffice DMS dan inOffice Sipermen, tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja, tetapi juga dapat menjaga keamanan data pada dokumen perusahaan. Teknologi ini sangat efisien dalam pengarsipan dokumen, mengelola, dan melacak dokumen secara digital.

Penggunaan aplikasi seperti inOffice juga menyediakan fitur teknologi keamanan dokumen, sehingga dapat mengurangi risiko kebocoran data.

Pemusnahan Dokumen 

Dokumen yang sudah tidak diperlukan harus dimusnahkan dengan benar. Bila akan melakukan pemusnahan dokumen yang berwujud fisik, penggunaan mesin penghancur kertas merupakan cara yang paling tepat. Sedangkan untuk pemusnahan dokumen digital, dokumen dapat dihapus dari perangkat dan media penyimpanan dokumen.

Baca juga:  3 Alasan Menggunakan Document Management System Dibandingkan Dengan Penyimpanan Manual

Kesimpulan

Dalam sebuah perusahaan, perlindungan terhadap dokumen merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, penggunaan teknologi keamanan dokumen merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan keamanan penyimpanan dokumen dan pengarsipan dokumen perusahaan.