Pentingnya IT Master Plan Bagi Pelindo Marine Service

2024-01-17T10:22:49+07:00

integrasolusi.com – Penggunaan teknologi informasi di instansi atau perusahaan dewasa ini sangat meningkat. Dalam menerapkan teknologi informasi manajemen perusahaan harus merencanakan dengan baik dan terukur melalui proses analisis yang menyeluruh dalam melihat permasalahan perusahaan yang bisa disolusi dengan penerapan teknologi informasi.

Selain itu, perusahaan juga tidak boleh asal mengeluarkan kebijakan dalam mengimplementasikan teknologi informasi. Harus diikuti dengan perhitungan yang matang terkait dengan biaya dan manfaat yang dihasilkan. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan panduan dalam penerapan teknologi informasi yang disebut dengan IT Master Plan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan IT. Dikutip dari berbagai sumber IT master plan merupakan rencana strategis perusahaan dalam menerapkan teknologi informasi guna mencapai visi dan misi perusahaan dalam jangka panjang. Fungsi dari Master Plan sendiri adalah sebagai guidance dan alat kontrol perusahaan dalam perencanaan teknologi informasi dan juga dalam proses implementasi.

Apabila perusahaan tidak menerapkan IT Master Plan akibat yang ditimbulkan akan sangat banyak, di antaranya adalah penerapan TI asal-asalan tanpa tujuan yang jelas, apabila sistem sudah terlanjur dikembangkan sendiri oleh divisi yang ada, risiko tidak terintegrasi dengan baik akan sangat tinggi, kemungkinan terjadi konflik antar divisi akan sangat tinggi sekali karena ego sektoral tiap divisi mempunyai rencana sendiri-sendiri. Berbeda dengan perusahaan yang sudah menerapkan Master Plan risiko-risiko di atas bisa diminimalisir karena sudah adanya panduan jangka panjang sehingga semua rencana menjadi terarah yang berimplikasi dengan tercapainya target perusahaan.

Pelindo Marine Service merupakan anak usaha PT. PELINDO III (Persero) yang juga salah satu perusahaan BUMN. Tentu saja dituntut untuk selalu sejalan dengan aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh induk perusahaan, salah satunya adalah untuk menjamin terlaksananya Good Corporate Governance sehingga diperlukan adanya penyusunan IT Master Plan sebagai salah satu petunjuk arah organisasi. IT Master Plan ditetapkan dan diakui memiliki tujuan yang sangat penting, di antaranya:

  1. Sebagai road map perusahaan dalam mencapai manfaat yang jelas atas seluruh resource IT yang telah dimiliki.
  2. Membantu manajemen dalam menetapkan target terkait bisnis proses, data informasi, kebijakan-kebijakan teknologi hingga anggaran.
  3. Sebagai gambaran cita-cita besar perusahaan untuk semakin tumbuh hebat.
  4. Sebagai wujud bentuk komitmen organisasi dalam meemlihara dan mewujudkan GCG.
Baca juga:  Apa Itu Rencana Strategis TI (RSTI)? Apa Manfaatnya Bagi Perusahaan?

Dalam menerapkan IT master plan tersebut PT Pelindo Marine Service menunjuk PT Integra Teknologi Solusi sebagai mitra strategis dalam merumuskan rencana IT untuk 5 tahun ke depan. Dalam sebuah diskusi para Direksi sudah menyampaikan pandangan bahwa IT dikatakan sukses jika:

  • Align dengan strategi perusahaan, IT harus membantu operasional dengan baik” (Direktur Utama);
  • “Terintegrasi dengan SOP sehingga bisa mengetahui mana yang berjalan dengan baik dan tidak” (Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik);
  • “Harus bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dan yang paling penting aplikatif” (ex Direktur Keuangan, SDM, dan Umum 2017—2019).

Kemudian dari rekan-rekan divisi lain berharap IT dapat mendukung pekerjaan yang bisa menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien berdampak pada majunya perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan work life balance. Dari sisi konsultan kami menyarankan agar ke depan IT di PT Pelindo Marine Service dapat menyematkan teknologi analitik yang mampu untuk bertindak secara cerdas berdasar feedback yang didapat dari user dan terintegrasi dengan aplikasi lain, atau istilahnya Intelligent Apps and Analytic yang tidak bertujuan mengganti karyawan dengan teknologi Artificial Intelligent tapi menambah kecepatan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

Oleh sebab itulah penerapan IT Master Plan di PT Pelindo Marine Service manjadi penting karena perencanaan yang baik akan mengasilkan impact yang baik, yang align dengan strategi perusahaan, dan juga terintegrasi dengan SOP sehingga mampu membantu operasional perusahaan dan juga memnuhi kebutuhan perusahaan.

Sudah sejauh mana penerapan IT Master Plan di perusahaan anda?Atau bahkan belum  sama sekali mengimplementasikannya?

Hubungi kami! untuk berdiskusi lebih lanjut tentang IT Master Plan dan bagaimana penerapannya yang baik bagi perusahaan.