Pentingnya Pengelolaan Persuratan dalam Organisasi Nonprofit

2023-06-13T16:05:36+07:00 June 20th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Mengelola organisasi nonprofit membutuhkan pengelolaan persuratan yang berkualitas. Organisasi nonprofit membutuhkan komunikasi terus-menerus dengan berbagai pihak. Manajemen persuratan pun menjadi kunci agar aktivitas lancar sesuai visi dan misi.

Manfaat Manajemen Surat untuk Nonprofit

Organisasi nonprofit membutuhkan manajemen surat yang rapi untuk mencapai tujuan program-programnya. Pengelolaan surat yang rapi membawa manfaat sebagai berikut:

1. Melancarkan Aktivitas Keseharian

Aktivitas sehari-hari organisasi nonprofit melibatkan berbagai tugas dan banyak komunikasi. Manajemen persuratan memudahkan anggota untuk mengakses informasi, berkomunikasi, dan melakukan konfirmasi.

Jika aktivitas keseharian lancar, tugas-tugas organisasi bisa diselesaikan secara efektif dan efisien. Tujuan tugas pun tercapai dengan cepat.

2. Memudahkan Riset dan Evaluasi

Kerja nonprofit melibatkan banyak riset dan evaluasi dokumen. Manajemen surat yang rapi memudahkan kedua aktivitas tersebut karena sistemnya memudahkan pencarian. Cukup masukkan kode atau kata kunci dan dokumen yang penting akan ketemu.

 

Baca juga:  Manajemen Surat Masa Kini dengan E-Surat

 

3. Memudahkan Transfer Data dan Komunikasi

Organisasi nonprofit kerap harus melakukan transfer data dan informasi. Aktivitas ini seringkali melibatkan komunikasi ke luar negeri. Pengelolaan surat secara digital memudahkan proses ini.

Contohnya, ketika organisasi di Indonesia membutuhkan dokumen dari rekan luar negeri, pengiriman bisa berlangsung dengan cepat. Cukup temukan dokumen surat digital dan kirimkan lewat email atau jaringan sistem (jika telah disiapkan).

4. Melindungi Dokumen dan Data Sensitif

Tergantung kegiatan organisasinya, nonprofit kerap berurusan dengan data atau dokumen sensitif. Manajemen persuratan menggunakan sistem digital bisa membantu mengurangi risiko keamanan, pencurian, dan pembobolan.

5. Memudahkan Audit

Organisasi nonprofit wajib melalui proses audit secara berkala. Manajemen persuratan membantu audit karena anggota berwenang bisa mengakses dokumen dengan mudah. Semua dokumen dan surat juga tercatat rapi dengan sistem kode otomatis.

 

Baca juga:  Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Proses Pengelolaan Surat dan Disposisi

 

Solusi Pengelolaan Persuratan untuk Nonprofit

Organisasi nonprofit masa kini sebaiknya menggunakan aplikasi digital untuk pengelolaan persuratan. Salah satunya adalah rangkaian produk dari inOffice.

Produk manajemen dokumen inOffice membantu mengelola surat dan dokumen lain secara digital. Selain menawarkan kepraktisan, inOffice menghadirkan keamanan seperti pembatasan akses dan tanda tangan digital anti pemalsuan.

 

Baca juga:  Solusi Tepat Atasi Komunikasi Tidak Efektif di Organisasi

 

Mengelola organisasi nonprofit membutuhkan pengelolaan persuratan yang rapi dan profesional. Gunakan inOffice sebagai pilihan solusi untuk manajemen surat digital demi meraih visi dan misi.