Solusi Tepat Atasi Komunikasi Tidak Efektif di Organisasi

2023-05-25T14:42:50+07:00

integrasolusi.com- Dalam sebuah organisasi, komunikasi antar perorangan maupun antar bagian menjadi aktivitas rutin yang sehari-hari dilakukan oleh organisasi. Salah satu perwujudan dari bentuk komunikasi itu sendiri adalah melalui surat menyurat. Hampir sebagian besar organisasi, surat menyurat ini bisa dikatakan sebagai aktivitas yang sudah mendarah daging. Bagaimana tidak, komunikasi antar organisasi saja biasanya sering dilakukan melalui surat-menyurat, begitu juga dengan komunikasi antar bagian dalam organisasi hampir semua dilakukan melalui  surat-menyurat. Bahkan ketidakhadiran pimpinan di kantor seringkali membuat komunikasi dan koordinasi terhambat, karena menumpuknya surat dimeja pimpinan yang belum segera di tanda tangani sehingga proses terhadap surat terganggu.

Dalam kondisi seperti itu, bisa memunculkan berbagai macam masalah yang menyebabkan komunikasi dalam organisasi menjadi tidak efektif. Contoh sederhananya saja, suatu surat akan terhambat progresnya apabila orang yang bersangkutan tidak ada ditempat, ketergantungan dengan tempat fisik ini tentu menjadi masalah tersendiri. Belum lagi ketika kita bicara pimpinan, mobilitas pimpinan tentu lebih tinggi disbanding dengan bawahannya. Maka tak jarang kasus ini sering di temui ketika pimpinan tidak ditempat. Contoh lagi masalah lain misalnya, disposisi dari pimpinan seringkali terlambat pelaksanaannya, bahkan sampai tenggat waktu disposisi itu selesai disposisi belum juga diterima oleh staf atau bawahannya. Tentu hal seperti ini tidak bisa dipandang remeh, terutama apabila urgensitas dari suatu surat sangat tinggi atau sangat strategis. Tentu akan memiliki pengaruh terhadap kinerja dan eksistensi organisasi.

Tentu perlu solusi yang tepat untuk mengatasi ketidakefektifan komunikasi tersebut. Salah satu metode yang tepat adalah dengan menerapkan IntegraOffice Persuratan, yang merupakan aplikasi surat-menyurat yang memungkinkan orang-orang dalam organisasi dapat tetap melakukan proses surat-menyurat dan disposisi dimanapun dan kapanpun. Dengan  penerapan IntegraOffice Persuratan ini tentu mobilitas pimpinan yang tinggi tidak akan menjadi masalah. Karena pimpinan dapat menerima dan mendisposisi surat melalui telpon genggamnya dimana saja dan kapan saja.

Baca juga:  Penting : 5 Keuntungan Implementasikan Tanda Tangan Elektronik

Ditambah dengan adanya notifikasi melalui WhatsApp, yang membantu orang dalam organisasi untuk lebih cepat dalam merespon surat. Proses disposisi juga akan menjadi lebih mudah, selain kecepatan prosesnya, kita juga dapat melakukan penelusuran surat atau mengecek progress dari surat yang kita kirimkan atau disposisikan. Sehingga kejadian seperti disposisi yang tidak sampai ke yang bersangkutan tidak akan terjadi kembali.

IntegraOffice Persuratan ini sudah banyak diimplementasikan di berbagai macam instansi, mulai dari instansi pemerintah seperti kementerian, kantor pemerintahan, BUMN, dan instansi swasta seperti perusahaan ataupun instansi pendidikan seperti kampus. Dan telah terbukti efektif untuk membantu komunikasi dalam organisasi.

Jadi bagi anda yang ingin menerapkan IntegraOffice Persuratan di instansi anda, tak perlu khawatir, karena kami memiliki banyak pengalaman untuk membantu penerapan IntegraOffice di organisasi.

Yuk, jangan tunggu terlalu lama, segera hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut, demi organisasi anda yang lebih baik !!

Langsung saja Kontak Kami, tim kami siap sedia membantu Anda