Pentingnya Tata Kelola dalam Teknologi Informasi

2024-03-13T14:00:34+07:00 April 24th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Bagi perusahaan maupun organisasi yang melakukan kegiatan operasionalnya dengan mengandalkan teknologi informasi, penting untuk mengetahui lebih jauh tentang tata kelola teknologi informasi atau IT governance. Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian IT governance dan mengapa hal ini penting dalam tata kelola perusahaan. Simak penjelasannya sampai tuntas!

Apa yang Dimaksud dengan Tata Kelola Teknologi Informasi?

Tata kelola teknologi informasi atau ITG (IT Governance) dapat didefinisikan sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk memastikan penggunaan IT berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan begitu, tujuan perusahaan bisa dicapai sesuai rencana.

Baca juga:  Pengertian dan Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

Intinya, tata kelola teknologi informasi bertujuan untuk menyediakan struktur yang dapat menyelaraskan strategi IT dan bisnis. Perusahaan pun bisa mendapatkan hasil yang terukur untuk mencapai strategi dan tujuan mereka dengan mengikuti kerangka kerja formal. 

Program formal juga mempertimbangkan pemangku kepentingan (stakeholder) serta kebutuhan staf dan proses yang mereka ikuti. Secara keseluruhan, tata kelola IT merupakan bagian integral dari tata kelola perusahaan secara keseluruhan.

Baca juga:  Bagaimana Tata Kelola TI Memberikan Kontribusi Terhadap Tata Kelola Perusahaan

Mengapa Tata Kelola Teknologi Informasi Itu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa IT governance itu penting antara lain:

Memastikan Kepatuhan terhadap Aturan

Perusahaan harus beroperasi dengan mengikuti standar yang ditetapkan demi mewujudkan transparansi, keadilan dan akuntabilitas dalam bisnis mereka. Tidak memperhatikan aktivitas IT Anda dengan baik bisa membawa perusahaan ke dalam masalah.

Dengan memiliki proses tata kelola IT, artinya Anda mampu mempertahankan praktik yang baik dalam bisnis dan mematuhi aturan yang berlaku.

Memperoleh Keunggulan Kompetitif

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan investasi yang Anda berikan untuk menciptakan tata kelola IT yang baik. Struktur yang efektif memungkinkan Anda untuk mengeluarkan potensi terbesar dari kemampuan IT Anda. Ini sekaligus mampu menyingkirkan berbagai hambatan dan menjadikan Anda unggul di antara para pesaing.

Mendukung Tujuan Bisnis

Pengelolaan infrastruktur IT sangat mudah untuk saling bertentangan dengan tujuan bisnis. Lewat tata kelola teknologi informasi, manajemen IT Anda harus selaras dengan tujuan bisnis. Dengan begitu, Anda bisa mendorong hasil yang positif bagi perusahaan.

Mendorong Pertumbuhan dan Inovasi

Kegagalan dalam menerapkan proses tata kelola IT juga bisa menghambat pertumbuhan dan kemampuan perusahaan untuk berinovasi. Biaya yang tidak terpantau serta saluran komunikasi yang tidak efisien bisa menciptakan masalah yang akan membuat Anda gagal menemukan peluang untuk maju.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Framework Tata Kelola TI dan Kegunaannya dalam Bisnis

Itu dia beberapa alasan mengapa tata kelola teknologi informasi sangat penting bagi sebuah bisnis. Sudahkah Anda mengimplementasikannya?