integrasolusi.com – Kerjasama tim didalam perusahaan menjadi faktor yang sangat penting bagi tercapainya visi  dan kesuksesan perusahaan di masa depan. Mulai dari karyawan sampai jajaran pimpinan perusahaan tentu menginginkan tercapainya kesuksesan perusahaan demi kesejahteraan bersama. Namun, kesuksesan pada perusahaan tidak datang begitu saja,  tentu kesuksesan akan terasa lebih mudah dicapai jika perusahaan memiliki orang-orang yang terbaik dan kompeten di bidangnya. Bicara orang-orang terbaik itu tidak bisa hanya bekerja secara sendirian, namun mereka harus bisa berkomunikasi dengan rekan kerjanya dan membentuk kerjasama tim yang solid agar mampu membawa perusahaan mencapai kesuksesan dengan visi misinya.

Oleh karena itu, dalam perusahaan, diperlukan karakter seseorang yang mampu melakukan komunikasi dan Kerjasama tim yang baik. Inilah yang harus menjadi fokus utama bagian HRD dalam merekrut karyawan baru. Dalam Kerjasama tim, sepandai apapun seseorang, tetap tidak akan mampu memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan apabila tidak mampu bekerjasama dengan anggota tim yang lain.Saat ini juga sudah banyak perusahaan yang fokus dengan teamwork, sehingga mereka mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan-pelatihan atau gathering,  untuk menciptakan kerjasama tim yang solid.

Tentu saja, tidak bisa dipungkiri, yang  memiliki peranan paling krusial dalam terbentuknya kerjasama tim yang solid ini adalah para pimpinan atau manajer perusahaan. Merekalah yang harus mampu mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat sesuai dengan bidang dan kompetensinya, memotivasi anggota tim untuk mencapai target, dan mencari solusi terbaik jika terjadi konflik antar anggota tim. Lantas, apa saja sebenarnya kriteria yang dibutuhkan untuk menjalin sebuah kerjasama tim yang solid ? antara lain adalah :

  1. Tujuan dan komitmen yang Sama

Kerjasama tim yang baik hanya dapat terjalin jika seluruh anggota memiliki semangat dalam mencapai tujuan yang sama serta rela mengesampingkan kepentingan pribadi atau egonya demi kesuksesan perusahaan. Semangat ini tentu juga harus diikuti dengan komitmen untuk bekerja semaksimal mungkin demi terwujudnya tujuan tersebut.

 

  1. Setiap Anggota Tim Memiliki Andil

Kerjasama tim artinya semua anggota tim bekerja bersama-sama untuk meraih tujuan yang sama. Jika ada anggota tim yang tidak memberikan kontribusi apalagi bermalas-malasan saat rekan-rekannya sedang berusaha akan memicu konflik dalam tim tersebut. Di sinilah fungsi seorang manajer untuk menempatkan setiap anggota sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

 

  1. Kepercayaan Antar Anggota Tim

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, oleh karena itu harus ada kepercayaan dari antar anggota tim dalam bekerja. Jika anggota tim sudah saling percaya dan mau menurunkan ego pribadinya, maka kesuksesan perusahaan hanya tinggal menunggu waktu saja.

 

Semua kriteria yang kami paparkan di atas sebaiknya ada dalam tim Anda untuk membentuk kerjasama tim yang tangguh. Tetapi, semua hal tersebut tentu tidak dapat terjadi secara instan. Oleh karena itu budaya kerjasama dalam tim harus mulai dibangun dan mendapat dukungan penuh dari pihak manajemen dalam perusahaan dan juga dari karyawan itu sendiri  atau setiap individu yang  ada dalam perusahaan

 

 

 

 

 

Sumber :
https://www.kubikleadership.com