Perlunya Sistem Pembuat Surat Keterangan Dokter Terintegrasi

2023-05-23T14:20:38+07:00 December 19th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Surat keterangan dokter adalah dokumen yang dikeluarkan dokter untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatan pasien. Surat ini berisi catatan riwayat kesehatan pasien sehingga mempermudah komunikasi antara dokter dan pasien dan antara dokter atau instansi kesehatan lainnya. Surat dokter juga bisa digunakan sebagai keperluan mengajukan sakit ke kantor atau mendapatkan keringanan biaya perawatan kesehatan. 

Namun sayangnya, Surat Keterangan Dokter rentan untuk dipalsukan demi kepentingan pribadi atau golongan. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan sistem pembuat surat keterangan dokter yang efektif, efisien, dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Mengapa Perlu Sistem Informasi Surat untuk Surat Keterangan Dokter?

Sistem informasi surat yang efektif, efisien dan akurat dapat membantu mengelola surat keterangan dokter. Dengan sistem pembuat surat keterangan dokter yang efektif, verifikasi keaslian surat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, dengan sistem informasi surat, informasi tentang kondisi kesehatan pasien dapat disajikan dengan detail. 

Dengan adanya sistem informasi surat yang efektif, surat keterangan dokter online bisa membantu pelayanan kesehatan yang lebih akurat dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien. Selain itu, sistem informasi surat dapat mencegah terjadinya pemalsuan surat keterangan dokter. 

 

Apa Dampak Surat Keterangan Dokter yang Dibuat Manual?

Saat ini, sistem informasi untuk surat keterangan dokter masih banyak dibuat secara manual, yaitu menggunakan sistem penomoran dan klasifikasi untuk setiap surat keterangan dokter yang keluar dan surat fisik yang disimpan pada arsip. 

Sistem manual bisa digunakan, tetapi membutuhkan ruangan arsip khusus karena berkas pasien yang menumpuk. Selain itu, sistem manual sulit diverifikasi karena membutuhkan tenaga ahli yang teliti untuk melakukan pengecekan arsip. 

Baca juga:  Sekarang Anda bisa Lakukan Disposisi Meski sedang Liburan

Apabila pasien membutuhkan perawatan medis di instansi kesehatan yang berbeda lokasi, ini akan membutuhkan komunikasi antara instansi kesehatan. Sistem manual akan sangat tidak efektif jika digunakan di dunia medis yang terintegrasi. Kondisi ini akan sangat mudah untuk menciptakan pemalsuan surat keterangan dokter karena sulit diverifikasi. 

 

Apa Solusi Pemalsuan Surat Keterangan Dokter?

Solusinya adalah menggunakan sistem pembuat surat keterangan dokter elektronik yang terintegrasi dan online. Salah satu perangkat lunak terbaik untuk e-office persuratan adalah integraOffice. Kemampuannya untuk mengelola dokumen secara online makin memudahkan untuk menyimpan dan mengakses data secara efisien. 

Menggunakan integraOffice sebagai sistem pembuat surat keterangan dokter, surat keterangan dokter online dapat dengan mudah diarsipkan dan diakses untuk melakukan verifikasi keasliannya. Pelacakan surat keterangan dokter dan identifikasi bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, situasi ini bisa meningkatkan koordinasi antara dokter dan fasilitas kesehatan lain untuk memperoleh informasi akurat tentang kondisi kesehatan pasien.