Proaktif Melindungi Data: Pilihan Jasa Keamanan Informasi yang Tepat

2024-01-04T09:07:24+07:00 September 25th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Perusahaan akan mengalami banyak kerugian saat terkena serangan siber. Umumnya hal itu terjadi karena perusahaan tidak memiliki keamanan yang memadai. Agar masalah seperti itu dapat dihindari, perusahaan perlu menggunakan jasa keamanan informasi terbaik. Berikut adalah cara menentukan pilihan jasa keamanan informasi yang tepat.

Mencari Tahu Apa yang Dibutuhkan Perusahaan

Langkah pertamanya adalah mengetahui keamanan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Caranya bisa dengan melakukan risk assessment dan melakukan analisa potensi ancaman.

Hal ini karena tidak semua perusahaan memiliki prioritas keamanan informasi yang sama. Misalnya, perusahaan ecommerce akan memprioritaskan serangan yang berhubungan dengan transaksi online sedangkan firma kesehatan ingin melindungi data sensitif pasien.

Baca juga:  Ini Alasan Penting, Mengapa "Service" Menjadi Hal yang Sangat Penting dalam Jasa IT

Memahami Berbagai Jenis Layanan Keamanan Informasi

Dalam keamanan informasi, ada jenis-jenis layanan yang perlu diketahui seperti penetrating test, manajemen risiko, dan pemantauan keamanan. Layanan keamanan tersebut akan membantu perusahaan dalam melihat risiko dan menemukan strategi yang tepat untuk mengatasinya. 

Memperhatikan Pengalamannya

Saat memilih lebih dari satu jasa, lihatlah pengalaman yang dimilikinya. Berapa lama jasa keamanan ini beroperasi? Karena lama dan banyaknya pengalaman membuat jasa keamanan lebih memahami dinamika industri. Mereka jadi tahu cara perlindungan data terbaik untuk perusahaan. Apalagi jika jasa keamanan pernah bekerja dengan jenis perusahaan yang mirip.

Melihat Sertifikasi

Tidak hanya pengalamannya, lihat juga sertifikasi yang dimiliki oleh jasa keamanan. Sertifikasi menjadi bukti bahwa jasa keamanan memiliki kemampuan yang dibutuhkan dan memenuhi standar industri. Salah satu sertifikat yang patut dipertimbangkan adalah sertifikat ISO 27001.

Membandingkan Layanan dan Harga

Bandingkan layanan dan harga yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk mengontrak jasa keamanan. Setiap jasa memiliki jenis layanan dan harganya tersendiri. Dengan ini, perusahaan bisa mendapatkan layanan dan harga yang sesuai keinginan.

Contoh layanan yang baik adalah response team yang cepat saat terjadi risiko keamanan. Cara mengetesnya bisa dengan melihat setanggap apa customer service mereka. 

Bandingkan pula paket harganya. Jangan sampai membayar lebih untuk hal yang tidak dibutuhkan. Setelah mendapat pilihan yang tepat, siapkan kontrak dengan jasa keamanannya.

Baca juga:  TIPS: Begini Cara Membangun Keamanan Informasi Pada Perusahaan

Penutup

Terdapat banyak pilihan jasa keamanan informasi yang bisa ditemukan di internet. Meski begitu, jangan lupa untuk menghubunginya secara langsung agar seluruh informasi tersampaikan dengan benar. Perusahaan pun dapat langsung memberikan pertanyaan sehingga seluruh proses dapat berjalan tanpa miskomunikasi.