Rencanakan Pertumbuhan Bisnis Jangka Panjang dengan Konsultan Master Plan

2024-01-17T10:09:32+07:00 September 26th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.comMakin luasnya penerapan teknologi informasi dalam perusahaan membuat TI menjadi bagian penting pertumbuhan sebuah bisnis. Optimalkan penerapan tersebut agar bisnis bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Supaya target pertumbuhan bisnis berlangsung sesuai harapan, terapkan strategi master plan. Apa itu sebenarnya master plan? Apa manfaatnya untuk bisnis dan apa saja strategi yang dilakukan konsultan? Simak artikel ini untuk mengetahui ulasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Master Plan?

Master plan teknologi informasi adalah dokumen yang berisi pengembangan sistem TI jangka panjang yang bertujuan untuk mewujudkan target perusahaan.

Dengan kata lain, master plan merupakan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan perusahaan untuk membuat sistem teknologi informasi. Beberapa hal mendasar yang diatur dalam master plan di antaranya adalah pedoman bisnis, kerangka kerja, penentu keberhasilan, hingga perhitungan anggaran.

Baca juga:  Konsultan Master Plan: Bantu Anda Rencanakan Pertumbuhan Bisnis Lebih Efisien

Master Plan sebagai Bagian dari Pondasi Bisnis

Strategi yang tepat dari konsultan master plan membantu perusahaan memiliki pondasi bisnis yang kuat. Master plan TI merupakan turunan dari master plan bisnis. Kini keberadaannya tidak hanya sebagai alat untuk membantu operasional harian bisnis.

Dilansir dari laman LinkedIn, kedudukan IT master plan sangat penting karena turut menentukan rencana bisnis jangka panjang dalam melakukan pengembangan sistem informasi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pencapaian visi dan misi perusahaan.

IT master plan memuat langkah-langkah yang harus dilakukan perusahaan secara detail dalam upaya menerapkan strategi teknologi informasi. Perencanaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan menambah keunggulan bisnis Anda dan siap berkompetisi dengan pesaing.

 

Strategi Penerapan IT Master Plan

Keberadaan konsultan master plan bisa membantu Anda dalam menyusun rencana yang efektif. Dilansir dari laman IT Governance, perencanaan strategi konsultan master plan meliputi 3 hal utama, yakni people strategy, process strategy, dan technology strategy.

Berikut pembahasannya:

  • People strategy mengelola sumber daya manusia agar lebih efisien
  • Process strategy mengatur alur data baik untuk keperluan manajemen maupun operasional data itu sendiri.
  • Technology strategy, mengatur pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Selain itu, konsultan juga membantu perusahaan menyusun rencana yang memudahkan bisnis untuk melakukan adaptasi, terutama dalam aktivitas digital. Seperti kita tahu, penerapan TI kini semakin beragam dan perusahaan harus bisa menyesuaikan diri agar bisa bertahan dan kompetitif.

Baca juga:  Wujudkan Visi Organisasi Anda dengan IT Master Plan!

Demikian ulasan mengenai strategi konsultan master plan dan pengaruhnya terhadap kelangsungan bisnis. Semoga bermanfaat.