Konsultan Master Plan: Bantu Anda Rencanakan Pertumbuhan Bisnis Lebih Efisien

2024-01-17T10:09:47+07:00 September 21st, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Teknologi adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Bahkan, banyak usaha kini memanfaatkan teknologi untuk menyusun rencana strategis dalam bisnis dan mendukung pertumbuhan bisnis.

Konsultan master plan IT membantu Anda menyusun perencanaan bisnis yang tepat. Simak artikel ini untuk mengetahui pembahasannya lebih lanjut. 

Apa yang Dimaksud Konsultan Master Plan?

Konsultan master plan atau IT master plan adalah satu bagian penting dalam sebuah business plan. IT master plan mencakup seluruh perangkat, pedoman, serta ketentuan informasi sebuah perusahaan secara menyeluruh. 

Kerangka ini berisi tentang strategi perusahaan dalam menerapkan dan menyusun sistem informasi, pedoman kerja, hingga detail biaya. Jadi, konsultan master plan adalah pihak yang melayani kebutuhan penyusunan kerangka kerja tersebut untuk mengoptimasi sumber daya perusahaan, mengatasi kemungkinan krisis masalah teknologi, serta merencanakan profit.

Baca juga:  Mudah Capai Visi Organisasi dengan IT Master Plan

6 Langkah Penyusunan Master Plan

Lantas, langkah apa saja yang harus dilakukan? Dirangkum dari laman media sosial Transforma Institute, setidaknya terdapat 6 langkah dasar dalam menyusun IT master plan.

  1. Melakukan peninjauan dan penilaian strategis untuk mengetahui arsitektur bisnis. Langkah ini mencakupi visi, misi, regulasi, indikator, kompetitor, serta nilai bisnis. Hasilnya akan berupa profil strategis perusahaan serta peran penting TI.
  2. Menganalisis kebutuhan sistem informasi para pemegang saham. Hasilnya akan berupa rangkaian informasi kebutuhan sistem informasi serta pedoman penerapan.
  3. Melakukan penilaian kondisi IT untuk mengetahui beberapa hal, seperti sistem dan infrastruktur. Hasilnya adalah garis besar IT.
  4. Menyusun arsitektur SI, infrastruktur, dan IT governance untuk mengetahui kebutuhan di masa mendatang.
  5. Menganalisis kesenjangan TI yang sudah ada dengan TI yang akan datang.
  6. Menganalisis portofolio, program, serta proyek TI.
Baca juga:  Pentingnya Memiliki Perencanaan IT yang Tepat

Manfaat Master Plan untuk Bisnis

Sebenarnya, manfaat apa yang bisa diperoleh pelaku bisnis dengan menerapkan IT master plan ini? Berikut informasi yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Menurunkan potensi risiko di masa mendatang
  2. Bisa dijadikan alat untuk evaluasi kinerja dan mengukur tingkat keberhasilan penerapan teknologi dalam suatu perusahaan.
  3. Bisa dijadikan pedoman jangka panjang dalam mengevaluasi kondisi perusahaan saat ini juga memperkirakan penyesuaian yang perlu dilakukan.

Demikian informasi mengenai IT master plan yang merupakan bagian dari master plan bisnis. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa memakai jasa konsultan master plan yang kredibel supaya bisnis terus bertumbuh.