integrasolusi.com – Didalam sebuah perusahaan, tentunya ada departemen atau unit yang bisa diunggulkan dalam membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan itu sendiri. Salah satunya adalah departemen/ bagian IT atau teknologi informasi, dengan adanya departemen IT dalam perusahaan tentu diharapkan mampu membantu perusahaan dalam menghadapi persaingan dengan kompetitornya, terutama persaingan dalam hal teknologi informasi yang digunakan. Tetapi dalam prakteknya mayoritas divisi IT kurang maksimal dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja, karena terkadang sistem informasi yang dibangun oleh divisi ini kerap justru tidak selaras dengan visi misi perusahaan. Bahkan tak terkadang perusahaan mengalokasikan anggaran yang cukup besar dalam mendukung departemen IT agar bisa berinovasi dan berperan dalam persaingan bisnis, terutama dalam teknologi informasi.

Untuk itu, ada baiknya kita harus tahu, alasan mengapa divisi IT tidak memberikan effort seperti yang diharapkan.  Disini salah satu alasan yang paling sering  muncul adalah karena divisi IT tidak memiliki perencanaan jangka panjang. Sehingga dalam prakteknya tidak dapat menentukan prioritas yang akan dicapai/dikerjakan, karena tidak memiliki tujuan atau arah yang jelas. Ada salah satu pendekatan sebagai upaya agar divisi IT dapat memberikan dampak yang diharapkan oleh perusahaan. Yaitu salah satunya dengan metode IT Master Plan.

IT Master Plan adalah merupakan suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi guna mendukung visi dan misi perusahaan. IT Master Plan berisi tentang strateg organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif. IT Master Plan membahas mulai dari visi dan misi organisasi atau perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT. Setidaknya ada 3 alasan mengapa perusahaan atau organisasi anda perlu melakukan IT Master Plan, yaitu :

  1. Perusahaan membutuhkan semacam blueprint untuk merencanakan investasi untuk implementasi IT. Sehingga investasi IT yang dianggarkan berjalan selaras dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
  2. Perusahaan membutuhkan perencanan implementasi IT sebagai enabler untuk membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misinya.
  3. Perencanaan teknologi informasi (IT) yang tepat mampu membantu perusahaan untuk mendukung proses operasional bisnis sehari-hari dan membantu proses pengambilan keputusan yang tepat bagi manajeman.

Dalam penerapannya IT Master Plan juga memberikan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh antara lain seperti perusahaan dapat meminimalkan resiko yang ditimbulkan akibat implementasi IT, sekaligus bisa menjadi alat kontrol dan parameter yang tepat untuk mengkaji performa dan keberhasilan implementasi IT di suatu perusahaan, serta dapat menjadi dasar bagi perencanaan perusahaan dalam investasi dan implementasi teknologi informasi. Dengan demikian, perusahaan tidak lagi sekedar beli ataupun install, tetapi juga mempunyai perencanaan yang baik.

Penerapan dan perencanaan IT yang tepat akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. Oleh karena itu PT Integra Tekonologi Solusi menawarkan solusi jasa konsultasi terbaik untuk penyusunan rencana strategis teknologi informasi (IT Master Plan), segera hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut dan dapatkan informasi layanan IT lainnya.

 

 

 

 

 

Sumber :
https://integrasolusi.com/blog/2020/04/27/wujudkan-visi-organisasi-anda-dengan-it-master-plan/