Solusi Praktis Persuratan Digital yang Terintegrasi Tanda Tangan Elektronik

2023-05-23T15:05:12+07:00 October 13th, 2022|Categories: Persuratan|

Persuratan Digital – Penyampaian secara tertulis menggunakan surat di era digital memiliki peran yang sangat penting. Apalagi bagi sebuah instansi, baik swasta, lembaga non profit, maupun organisasi pemerintah. Alih-alih menggunakan surat konvensional, Anda bisa memanfaatkan surat digital yang terintegrasi dengan tanda tangan elektronik atau TTE. 

 

Kemudahan Sarana Persuratan Digital dengan Integrasi Tanda Tangan Elektronik

Pemanfaatan ttd elektronik pada aktivitas persuratan digital memberikan banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah: 

1. Praktis dan Efisien

Ttd elektronik dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam pemrosesan dokumen serta surat-surat penting kantor. Anda tak perlu melakukan penandatanganan secara manual. Selain itu, karena dokumen serta surat yang berbentuk digital, Anda dapat secara langsung mengirimkannya tanpa perlu menunggu waktu lama.

2. Tanda Tangan Elektronik Mempunyai Kekuatan Hukum

Surat digital yang bertanda tangan digital mempunyai kekuatan hukum yang kuat. Apalagi, Anda menggunakan layanan penyedia tanda tangan elektronik yang legal dan telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Landasan hukumnya adalah:

    • UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
    • PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
    • Permen Kominfo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggara Sertifikasi Elektronik

3. Ramah Lingkungan

Pemanfaatan tanda tangan elektronik merupakan wujud nyata Anda dalam mendorong penggunaan teknologi ramah lingkungan. Surat digital dan TTE tak memerlukan pemakaian kertas. Dengan begitu, Anda dapat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon akibat dari aktivitas surat-menyurat konvensional. 

4. Hemat

Surat digital dengan tanda tangan digital dapat pula membantu organisasi dalam menghemat pengeluaran. Anda dapat memangkas pengeluaran untuk pembelian kertas serta tinta. Sebagai contoh, Direktorat Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) mampu menghemat anggaran mencapai Rp450 miliar lewat program Dukcapil Go Digital. 

Program Dukcapil Go Digital ini Dalam Program Dukcapil Go Digital, proses penandatanganan akta kelahiran serta kartu keluarga cukup menggunakan TTE. Alhasil, Ditjen Dukcapil mampu memangkas pengeluaran untuk pembelian kertas khusus berhologram yang biasa dipakai untuk akta kelahiran ataupun kartu keluarga.

5. Jaminan Keamanan Data

Terakhir, TTE yang telah mendapatkan sertifikasi dari Kominfo memberi keuntungan pada jaminan keamanan data. Hal ini bisa Anda dapatkan berkat pemanfaatan teknologi kriptografi asimetris yang pemakaiannya bersifat unik untuk setiap individu. 

 

Nah, itulah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pemanfaatan TTE. Anda bisa memperoleh manfaat tersebut secara praktis dengan menggunakan aplikasi persuratan digital yang mendukung integrasi TTD elektronik. 

Kabar baiknya, Anda bisa menemukan aplikasi surat digital yang mendukung integrasi TTE dengan mudah. Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi integraOffice Persuratan. Dengan aplikasi persuratan ini, proses administrasi serta aktivitas persuratan, bakal jadi lebih efisien dan praktis. 

Yuk, segera pakai integraOffice Persuratan!