Solusi Tepat Mengoptimalkan Aset Teknologi Informasi Melalui Audit IT

2021-05-04T07:36:36+00:00

integrasolusi.com – Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi belakangan ini, seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mampu menciptakan alat-alat pendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Dapat dikatakan bahwa perkembangan metode transmisi informasi yang disebut dengan teknologi informasi telah memasuki semua aspek kehidupan pada semua lapisan masyarakat, karena dengan dukungannya membuat organisasi / lembaga dan individu / individu dalam dunia usaha merasa memiliki kemampuan yang luar biasa. . Keunggulan kompetitif (competitive advantage) khususnya dalam organisasi.

Dalam suatu organisasi / perusahaan, peran teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting dalam membantu organisasi mencapai tujuannya. Oleh karena itu, hanya sedikit organisasi yang mengalokasikan anggaran yang cukup besar sehingga departemen TI yang ada dapat memberikan dukungan untuk membantu operasional organisasi dan menjadi keunggulan kompetitif tersendiri.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah divisi IT yang ada ini,  mampu atau tidak memberikan perannya secara optimal sebagaimana mestinya, supaya sumber daya yang dikeluarkan berjalan selaras dengan kemudahan organisasi dalam pencapaian targetnya.

 

Bagaimana caranya ?

 

Salah satu cara untuk memastikan bahwa aset teknologi informasi yang dimiliki organisasi / perusahaan dapat bekerja secara optimal adalah dengan melakukan audit TI, karena audit TI itu sendiri merupakan proses pengujian infrastruktur teknologi informasi yang dimiliki oleh organisasi / perusahaan. Selain audit IT, sebenarnya di organisasi / perusahaan biasanya terkait dengan aktivitas audit, tetapi tidak ada kaitannya dengan audit IT, melainkan dengan audit keuangan dan audit internal.

Didalam perkembangannya, Audit IT  juga lebih dikenal dengan istilah EDP Auditing (Electronic Data Processing) yang artinya Audit IT dilakukan untuk menentukan apakah aset sistem informasi yang dimiliki suatu organisasi/perusahaan telah bekerja dan mampu secara efektif, integratif dan mampu membantu organisasi untuk mencapai targetnya.

Melalui audit TI, organisasi / perusahaan dapat mengetahui peran aset teknologi informasi yang dimilikinya dalam mencapai tujuan organisasi / perusahaan, serta mengetahui solusi yang tepat atau perbaikan apa saja yang harus dilakukan agar aset yang dimiliki oleh teknologi informasi tersebut dapat sesuai dengan yang diharapkan.

 

Sudah sejauh mana implementasi Audit IT di organisasi/perusahaan anda?

Ingin konsultasi dengan kami, salah satu konsultan IT yang berpengalaman, yaitu PT Integra Teknologi Solusi, yang berlokasi di Surabaya, JawaTimur. silakan Klik disini

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp