integrasolusi.com – Kita tahu bahwa saat ini wabah COVID-19 atau yang lebih dikenal virus corona / virus corona telah menyebar di banyak negara di dunia. Beberapa negara telah mengantisipasi penyebarannya dengan melakukan tindakan preventif di bidang kedokteran dan masyarakat. Salah satunya adalah langkah sosial pencegahan penyebaran virus corona melalui evakuasi sosial, yaitu melindungi diri dari aktivitas sosial yang melibatkan banyak orang atau sekelompok orang.

Salah satu imbas adanya social distancing ini adalah terjadi pada dunia kerja, dimana kantor-kantor sudah menerapkan pembatasan jam kerja atau pembatasan masuk kerjanya dengan melibatkan beberapa pegawainya dengan sistem shift kerja atau bahkan sudah menerapkan Work From Home (WFH).

 

Dan dalam situasi seperti sekarang ini, seiring dengan meluasnya wabah COVID-19 di Indonesia, beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan mulai menerapkan sistem WFH (Work from Home) untuk karyawannya. Dalam masa WFH ini, kita diminta untuk tetap bertanggung jawab atas pekerjaan yang kita lakukan, sembari terus menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit serta mengurangi risiko terhadap penularan Virus Corona.

 

Bagaimana  nih keadaan atau kondisi di tempat kerjamu? Apakah juga terkena dampak Work From Home (WFH) ?

Nah, jika Anda termasuk dalam kategori ini, jangan khawatir, Sobat Office, karena Anda bisa melakukan hal seperti ini agar tetap produktif. Terutama dalam hal mengatur rencana kerja dan memisahkan ruang kerja dari ruang pribadi

1.Disiplin mengatur jadwal kerja

 

Sama seperti saat Anda berkeja di kantor, tetapkan jadwal kerja dengan dislipin selama WFH. Lakukan sesuai peraturan yang diberikan oleh perusahaan atau bisa juga dengan membuat jadwal kerja yang menyesuaikan anggota tim/ divisimu. Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan komitmen yang kuat dan konsisten ya.

2.Tetapkan ruangan khusus untuk bekerja

 

Dengan menetapkan ruangan khusus, hal ini bisa membantumu untuk lebih fokus saat bekerja. Pilihlah ruangan yang cukup tenang, kondusif dan nyaman. Pastikan selama jam kerja berlangsung untuk tidak meninggalkan ruangan tersebut terlalu sering agar tetap fokus dalam bekerja.

 

  3.Buat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

 

Selain itu untuk menjaga produktivitas, pastikan untuk membuat daftar pekerjaan. Diskusikan dengan tim/ divisimu, pekerjaan apa yang menjadi prioritas utama untuk diselesaikan. Kemudian catat semua hasil pekerjaanmu, karena catatan ini sangat membantu agar kita tetap fokus dalam mencapai goal yang sudah ditargetkan.

 

4.Jaga komunikasi dengan tim

 

Berkomunikasi dengan baik merupakan kunci agar pekerjaan berjalan efektif dan efisien. Misalnya dengan melakukan Video Conference atupun memberikan laporan kerja secara berkala kepada tim dengan email atau dengan  grup WhatsApp/Telegram atau media komunikasi lainnya.

5.Komunikasikan juga dengan orang rumah

 

Anda juga perlu menjelaskan soal jadwal pekerjaanmu dengan orang rumah. Jelaskan kepada mereka mengenai tanggung jawabmu yang harus tetap diselesaikan selama di rumah. Dengan begitu mereka juga bisa paham dan membantumu menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk bekerja di rumah.

6.Jaga kesehatan fisik dan mentalmu

 

Tak kalah penting, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mentalmu ya SobatOffice. Anda bisa makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, jaga pola tidur dengan baik dan juga sempatkan untuk berolahraga di rumah.

 

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama bekerja dari rumah (WFH). Tidak lupa kami informasikan kepada Anda untuk mendukung aktivitas WFH agar lebih optimal, dan Anda dapat memanfaatkan produk terbaik dari e-Office yang kami miliki.

 

Tetap jaga kesehatan dan keep strong SobatOffice.

 

Selengkapnya mengenai produk dan aplikasi E-Office Persuratan silakan Klik disini