SPBE yang Ada di Pemerintah Daerah (Provinsi, Kab/Kota) di Pulau Sumatera

2023-05-23T12:13:41+07:00 February 15th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Saat ini, pemerintah pusat mendorong penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan oleh pemerintah daerah, termasuk di Pulau Sumatera. Mulai dari kabupaten hingga provinsi, semua aparatur pemerintahan harus melek SPBE.

Indeks SPBE di Pulau Sumatera Secara Umum

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Pulau Sumatera menjadi salah satu piloting SPBE dari Kementerian PANRB sejak tahun 2022. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dengan adanya SPBE, diharapkan pemerintahan di Sumatera secara umum bisa berfokus pada masyarakat, mulai dari aspek kenyamanan hingga keterbukaan. SPBE juga akan membantu pelayanan pemerintahan menjadi lebih mudah karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Semua ini tentu untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Aplikasi e-Office untuk Meningkatkan Indeks SPBE

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai indeks SPBE adalah dengan menggunakan aplikasi e-Office. Aplikasi tata kelola administrasi dan persuratan berbasis elektronik ini akan membuat seluruh tata kelola instansi atau organisasi Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

Dengan harga yang sangat terjangkau, proses surat menyurat dan disposisi, tracking surat keluar masuk, dan penomoran surat akan menjadi lebih cepat dan mudah dengan aplikasi e-Office dari integraOffice.

Selain itu, salah satu tujuan SPBE untuk membantu lingkungan pun tercapai. Dengan e-Office, surat menyurat tidak perlu lagi dilakukan secara manual dan Anda bisa menghemat lebih banyak kertas. Surat menjadi lebih mudah dilacak secara jelas dan real time.

Baca juga:  Kesulitan Menyusun Surat Proyek dengan Banyak Lampiran Foto? Ini Solusinya

Anda bisa memonitor progres surat dan disposisi kapan pun dan di mana pun melalui laptop atau smartphone. Kelebihan lain e-Office dari integraOffice adalah kolaborasi draft surat-menyurat menjadi lebih mudah dan efisien karena dapat dilakukan bersama-sama.

Selain itu,  aplikasi e office persuratan juga dibekali dengan penomoran otomatis. Dengan adanya penomoran otomatis ini, Anda tidak perlu lagi khawatir terjadi duplikasi atau kesalahan penomoran surat. E-Office dari integraOffice telah dipercaya oleh banyak lembaga, instansi, dan perusahaan besar. 

Beberapa di antaranya adalah Kementerian Pendidikan, Pemprov DKI, Unhas, Distrik Sarmi Papua, PSDA Prov. Lampung, Semen Indonesia, SIER, RSCM, dan banyak lagi.

Itu tadi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di pulau Sumatera. Untuk meningkatkan nilai indeks SPBE, tentu e-Office dari integraOffice. Selain harganya yang murah, aplikasi surat menyurat integraOffice memiliki beberapa fitur, yaitu Otomasi Persuratan, Kolaborasi, Hak Akses, Pelacakan Realtime, dan dapat diintegrasi dengan TTE. Info lebih lengkap, langsung hubungi integraOffice melalui Whatsapp di sini.